Ragam

KIAT MEMILIH PENERBANGAN SAAT MUDIK

TIPS MEMILIH PENERBANGAN PADA SAAT MUDIK

Infopenerbangan,- Pulang ke kampung halaman dalam rangka Lebaran, nampaknya sudah menjadi keharusan bagi perantau karena disaat itulah semua keluarga besar bisa kumpul bersama. Anda bingung memilih transportasi? Berikut adalah cara memilih penerbangan saat menjelang Idul Fitri 1439 Hijriah.

Servis Airlines

Maskapai low cost carrier (berbiaya murah) atau full service (layanan penuh), perbedaannya cuma satu yaitu layanan selama penerbangan. Untuk itu, Anda harus cermati apa saja yang akan Anda dapatkan jika memilih maskapai tersebut. Layanan penerbangan dibedakan menurut harga. Jika Anda memilih terbang menggunakan maskapai LCC, maka pelayanan yang Anda dapat akan minim sekali. Sebaliknya, jika Anda memilih terbang menggunakan maskapai full service, maka Anda akan mendapat layanan penuh berupa makan, minum dan fasilitas lainnya.

Lama Perjalanan

Perhatikan rute, frekuensi dan koneksi penerbangan (jika harus transit) dari waktu keberangkatan Anda hingga waktu tujuan. Anda perlu mempertimbangkan waktunya, apakah penerbangan pagi, siang, sore atau malam. Cari tahu juga apakah penerbangan ke kota tujuan Anda tersebut rute pendek (short haul) atau panjang (long haul) dan berapa lama perjalanan udara Anda.

Penerbangan yang Tersedia

Teliti terlebih dulu, apakah ada perusahaan penerbangan yang melayani ke daerah tujuan Anda. Perhatikan tanggal, waktu dan nomor penerbangannya. Misalnya, dari bandar udara mana Anda harus berangkat, seperti Citilink, kini memiliki dua airport, yaitu Cengkareng dan Halim Perdanakusuma.

Metode Pencarian Tiket

KIAT MEMILIH PENERBANGAN SAAT MUDIK

Jika melalui agen perjalanan, Anda dapat melakukan reservasi (pemesanan) tiket pesawat ke tour and travel pilihan Anda atau ticketing office maskapai terdekat Anda. Call Center membantu proses booking, kemudian Anda akan menerima kode booking tiket pesawat. Selanjutnya Anda harus membayar sesuai dengan ketentuan perusahaan penerbangan.

Pembelian tiket secara online, calon penumpang dapat membandingkan harga yang tertera dalam website suatu maskapai, di antaranya berdasarkan jam keberangkatan, hari sebelumnya atau hari berikutnya.

Barang Bawaan

Anda harus mecari tahu, apakah airlines yang akan Anda naiki itu memberikan bagasi cuma-cuma atau harus membayar. Biasanya pada saat check-in, barang bawaan dengan ukuran besar harus ditimbang dan dimasukkan dalam bagasi bawah. Pada umumnya maskapai di Indonesia memberikan bagasi gratis sebesar 20 kg kepada setiap penumpangnya. Apabila lebih dari 20 kg, maka Anda harus bersiap membayar sesuai ketentuan dari maskapai. Tas jinjing berukuran tidak lebih dari 7 kg, boleh Anda bawa masuk dalam cabin pesawat.

Pilih Kursi

Saat proses check-in, Anda dapat meminta kepada petugas apakah dapat membantu penempatan kursi. Jika Anda mabuk udara, maka mintalah atau beli tiket dengan nomor kursi yang memungkinkan Anda bisa duduk di tengah barisan pesawat. Survei dari Skyscanner menunjukkan kursi di bagian tengah baris setiap kursi adalah yang paling stabil saat pesawat mengalami guncangan.

Penerbangan Grup

Anda yang terbang lebih dari 10 orang atau grup, tanyakan secara rinci tentang harga dan kapasitas bagasi. Biasanya, maskapai memberikan harga terjangkau jika penerbangan kelompok.

Asuransi Perjalanan

KIAT MEMILIH PENERBANGAN SAAT MUDIK

Tidak ada salahnya Anda mempersiapkan segala sesuatu demi keselamatan dan kenyamanan perjalanan Anda. Saat ini, maskapai sudah menawarkan biaya tambahan yang disebut asuransi.

(*/TZ)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker