DomestikHot NewsNews

Komersialisasi Bandar Udara Pondok Cabe Belum Ada Persetujuan Kemenhub

Infopenerbangan – Bandar udara Pondok Cabe (PCB) yang disiapkan menjadi bandara komersil untuk menjadi alternative mengatasi kepadatan di bandar udara Soekarno Hatta (CGK), tengah berbenah. Namun demikian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan, hingga saat ini belum menerima persetujuan pengoperasian bandar udara Pondok Cabe untuk penerbangan komersial tersebut.

“Garuda maupun Pertamina belum minta persetujuan ke Kemenhub,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo di Kantor Kemenhub, Jakarta, Senin (7/12/2015).

Menurut Suprasetyo, setiap pengoperasian bandar udara untuk penerbangan komersil harus memenuhi berbagai syarat. Poin utamanya yakni pemenuhan syarat aspek operasional.

Kemenhub sendiri memperhatikan kondisi disekitar Bandara Pondok Cabe. Menurut Suprasetyo, saat ini wilayah di sekeliling bandar udara milik Pertamina tersebut sudah sangat padat.

“Di ujung runway, jalan- jalan. Bisa tidak dipasang alat navigasi karena sudah padat seperti itu,” katanya.

Sebelumnya, Plt Direktur Utama Pelita Air Services Rifky E. Hardijanto berharap sertifikasi bandar udara Pondok Cabe untuk penerbangan komersil bisa rampung pada Januari 2016. Bila itu tercapai, maka pengoperasian bandar udara milik Pertamina itu bisa dilakukan pada Februari 2015. (Fjn)

Foto: beritatrans.com

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close