Hot NewsInternasionalNews

Malaysia Kembali Lanjutkan Pencarian MH370

infopenerbangan,- Pemerintah Malaysia dan perusahaan eksplorasi laut berbasis samudra, Ocean Infinity Limited, akan melanjutkan pencarian pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 di wilayah 25.000 kilometer persegi baru di bagian selatan Samudra Hindia mulai pertengahan Januari 2018.

Ocean Infinity Limited mendapatkan kontrak untuk mencari Malaysia Airlines (MAS) MH370, Rabu (10/1/2018) dengan syarat perjanjian antara lain adalah No Cure, No Fee, yaitu tidak ada pembayaran jika tidak ada terobosan.

“Misi utama oleh Ocean Infinity adalah mengidentifikasi lokasi reruntuhan dan atau kotak hitam penerbangan, serta memberikan bukti yang cukup besar dan bisa dipercaya untuk mengkonfirmasi lokasi sebenarnya dari dua item utama,” kata Menteri Transportasi Malaysia Liow Tiong Lai.

Menurut Tiong Lai, sesuai perjanjian, Pemerintah Malaysia akan melakukan pembayaran dengan persyaratan yakni sebesar RM82 juta (sekitar Rp 287 miliar) jika berada di area pencarian teratas 5.000 kilometer persegi, RM122 juta atau Rp 427 miliar (10.000 kilometer persegi area pencarian kedua), RM204 juta atau Rp 715 miliar (10.000 kilometer persegi area pencarian ketiga) dan RM285 juta atau Rp 999 miliar (lebih 25.000 kilometer persegi).

“Pembayaran dapat dilakukan untuk pencarian di area seluas lebih dari 25.000 kilometer persegi namun harus dalam waktu 90 hari yang ditentukan. Mereka tidak dapat selamanya memperpanjang waktu, enam bulan atau satu tahun,” katanya.

Semua pembayaran kepada perusahaan, katanya, sepenuhnya ditanggung pemerintah Malaysia dan keputusan untuk melanjutkan pencarian pesawat MH370 telah disetujui pemerintah Australia dan China.

“Berdasarkan pendapat ahli, ada kemungkinan 85 persen kita menemukan puing-puing di daerah pencarian baru ini. Sesuai hasil pembicaraan dengan Ocean Infinity, kami memutuskan untuk melanjutkan pencarian MH370,” katanya. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close