Uncategorized

MASKAPAI AS PERPANJANG MASA DARAT BOEING 737

Infopenerbangan – Maskapai penerbangan AS ramai-ramai memperpanjang status grounded untuk pesawat Boeing 737 MAX. United Airlines menjadi maskapai terbaru yang memperpanjang penundaan pemakaian pesawat terlaris Boeing itu setelah langkah serupa diambil rivalnya, Southwest dan American Airlines.

Dilansir AFP, Minggu (17/11/2019), United Airlines sebelumnya telah memperkirakan pesawat Boeing 737 MAX 8 bisa kembali terbang pada Januari 2020. Namun, maskapai pesimistis Boeing bisa mendapat lampu hijau dari regulator sehingga menundanya hingga 4 Maret 2020. Keputusan ini bakal berdampak pada ratusan jadwal penerbangan pada awal tahun.

Selama ini, pesawat Boeing 737 MAX dikandangkan sejak Maret tahun ini menyusul insiden dua kecelakaan fatal yang menewaskan total 346 orang. Sementara Boeing selaku pabrikan kesulitan untuk memperoleh izin dari otoritas penerbangan AS (FAA) supaya pesawat tersebut boleh mengudara kembali.

“Kami sepenuhnya percaya dengan hasil audit independen FAA soal pesawat MAX, dan kami tidak akan mengorbankan pelanggan dan karyawan kami di pesawat itu sampai regulator menyatakan benar-benar aman,” kata United Airlines.

Boeing sebelumnya berharap bisa mendapat lampu hijau dari FAA pada akhir 2019, namun pabrikan yang berkantor pusat di Chicago itu memperkirakan izin tersebut ditunda hingga Januari tahun depan.

Salah satu pelanggan terbesar Boeing, Southwest mengandangkan 34 pesawat 737 MAX sejak Maret 2019. Maskapai memperkirakan pesawat itu baru bisa mengudara pada 6 Maret 2020.

Sementara American Airlines yang membeli 24 pesawat jet tersebut memperkirakan baru bisa terbang pada 5 Maret 2020. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close