Hot NewsInternasionalNews

Maskapai Iberia Didenda Buat Tes Kehamilan untuk Calon Karyawan

Infopenerbangan,- Maskapai Spanyol, Iberia, dijatuhi denda senilai 25 ribu Euro (setara Rp382 juta). Sebab, maskapai yang berbasis di Pulau Balearic itu mewajibkan para perempuan untuk mengikuti tes kehamilan saat pemeriksaan medis sebagai salah satu syarat perekrutan.

Penyimpangan tersebut berhasil diketahui oleh lembaga yang bertanggung jawab melakukan perekrutan, Ranstad. Pihak maskapai mengklaim, tes kehamilan sengaja dilakukan agar para perempuan yang tengah hamil terhindari dari risiko.

Dilansir dari nasionalisme, Manajemen Iberia menjaga ketentuan ini dengan mengatakan langkah itu di ambil untuk kebaikan sang bayi serta ibunya. Manajemen Iberia berdalih, tes kehamilan itu bukanlah untuk mencoret beberapa perempuan hamil yang melamar pekerjaan.

Langkah itu di ambil untuk meyakinkan tempat sang pelamar nanti supaya tidak membahayakan bayi didalam kandungannya.

Kami akan berhenti memaksa para perempuan ikut tes kehamilan. Iberia tidak pernah berhenti mempekerjakan perempuan hanya karena sedang hamil,” bunyi pernyataan resmi pihak maskapai, Rabu (12/7/2017).

Maskapai yang merger dengan British Airways itu mengklaim, merekrut sekira 60 orang perempuan hamil sepanjang periode 2016-2017. Namun, tetap saja praktik tersebut mendapat kecaman, terutama dari Menteri Kesehatan Spanyol Dolors Montserrat.

“Kehamilan tidak bisa menjadi penghalang akses ke sebuah pekerjaan,” tukas Dolors Montserrat. Denda puluhan ribu Euro itu dikenakan oleh Pemerintah Regional Balearic. Meski demikian, Iberia masih berhak untuk mengajukan banding atas hukuman denda tersebut. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close