DomestikHot NewsNews

Maskapai Ini Junjung Kearifan Lokal

Infopenerbangan.com,- Xpressair  memberikan pelayanan baru kepada setiap pelanggannya dengan strategi baru yang diterapkan untuk ebih mendekatkan diri kepada pelanggan. Yakni dengan menggunakan bahasa daerah pada pengumuman penerangan dalam pesawat, khususnya di setiap destinasi tujuan penerbangan Xpress Air di Indonesia. Comercial Director Xpress Air Swandono Poernomo menjelaskan kepada infopenerbangan.com  announcement tersebut bertujuan mengangkat sebanyak mungkin kearifan lokal di Indonesia. “Per tanggal 1Maret 2017 kemarin, Xpress Air menggunakan beberapa bahasa seperti Bahasa Minang, Sunda, Jawa, Palembang, dan Papua.“ terangnya, Minggu (5/3).

Dia melanjutkan, kedepan pihaknya akan mencoba memakai bahasa daerah setempat untuk rute internasional seperti Melaka dan Kuching. Malaysia, dengan menggunakan announcement Bahasa Melayu Malaysia.

Untuk sementara waktu, ungkap Swandono announcement tujuan Papua masih menggunakan recording. “Alasannya, karena keterbatasan pramugari lokal, tak mungkin kan Pramugari lokal Papua itu on board terus di setiap penerbangan tujuan Papua.” tukasnya.

Jangka panjang nanti pihaknya akan melatih semua pramugari dengan bahasa daerah yang akan dipakai. “Diharapkan nantinya jika semua Pramugari kami sudah fasih dalam berbagai bahasa daerah kiranya komunikasi dengan penumpang Xpress Air akan lebih cair lagi,” tuturnya. (*/Eq)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close