DomestikNewsVideo

MASKAPAI RAMAI RAMAI TERAPKAN RAPID TEST

Infopenerbangan,- Di tengah Era New Normal, menjalani Rapid Test atau PCR Test dan mendapat hasil bebas covid-19 sudah menjadi keharusan bagi calon penumpang pesawat yang hendak melakukan perjalanan.

Hal tersebut mengacu pada kesehatan calon penumpang yang difokuskan maskapai penerbangan ketika hendak melakukan pengoperasian layanannya sesuai dengan protokol yang ada.

Syarat yang harus dipatuhi adalah menyerahkan surat keterangan Rapid Test dan Test PCR dengan hasil bebas covid-19. Berdasarkan surat edaran (SE) yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nomor 7 Tahun 2020, yang terdapat di kriteria dan syarat bagi orang yang melakukan perjalanan.

Beberapa Maskapai di Indonesia telah menyediakan layanan Rapid Test untuk calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan udara, yaitu :

  1. Garuda Indonesia Group
Dok liveandletfly

Maskapai Garuda Indonesia telah menyediakan layanan Rapid Test bagi calon penumpang yang telah membeli tiket kelas bisnis atau layanan Premium Check-in.

Pelaksanaan Test kesehatan ini tersedia di beberapa lokasi di Hutan Kota By Plataran Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Klinik Garuda Sentra Medika Jakarta Pusat, Rumah Sakit Partamedika Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Garuda Indonesia berkerja sama dengan Indonesia Medical Travel Board (IMTB) untuk layanan Rapid Test ini.

Garuda Indonesia mematok harga Rp 315 ribu untuk Rapid Test dan Rp 1,5 juta untuk Test PCR, untuk hasil Rapid Test bisa di tunggu sekitar 20 menit dan untuk hasil Test PCR membutuhkan waktu 3 hari.

2. Lion Air Group

Dok Veninda Travel

Maskapai Lion Air pun ikut mengadakan layanan Rapid Test ini. Danang Mandala Prihantoro selaku Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, menjelaskan tentang tawaran metode uji Rapid Test ini diberikan khusus untuk calon penumpang Lion Air Group.

Biaya yang ditawarkan oleh Lion Air Group untuk Rapid Test ini sangat terjangkau, yakni Rp 95 ribu dan sudah termasuk surat keterangan sesuai hasil.

Masa berlaku surat keterangan bebas covid-19 tersebut 14 hari, pelaksanaan Rapid Test Lion Air bekerja sama dengan Klinik Lion Air Medika.

Ujar Danang,”Pada tahap awal Layanan yang mulai dijadwalkan mulai Senin, 29 Juni 2020. Layanan Rapid Test Covid-19 ini sudah tersedia 4 lokasi di Jakarta dengan jadawal pelayanannya,”.

Lokasi dan jam buka pelayanan untuk Rapid Test tidak dilakukan di bandaran, namun di 4 tempat layanan Lion Air, yaitu :

  • Kantor Pusat Lion Air Tower Jalan Gajah Mada No.7, Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat. Senin-Minggu pukul 06.00 – 21.30 WIB.
  • Kantor Lion Air Group Jalan Kalimalang, Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Senin-Minggu pukul 03.00 – 21.30 WIB.
  • Kantor Lion Operation Center (LOC) Jalan Marsekal Surya Darma No.44, Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Banten. Senin-Minggu pukul 03.00 – 21.30 WIB.
  • Kantor Pusat Lion Parcel Pusat di Jalan Kedoya Raya No.55, Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Senin-Minggu pukul 08.30 – 17.00 WIB.

3. Sriwijaya Air Group

Dok darmawisataindonesia

Sriwijaya Air juga menerapkan layanan Rapid Test untuk calon penumpangnya. Rapid Test ini sudah terbuka untuk umum.

Harga yang diberikan oleh Sriwijaya Air untuk Rapid Test yakni Rp 300 ribu dan waktu yang dibutuhkan untuk hasil Rapid Test sekitar 30 menit.

Jefferson Jauwena selaku Direktur Utama Sriwijaya Air mengatakan, ada lima titik yang disediakan oleh Sriwijaya untuk layanan Rapid Test ini, yaitu Sriwijaya Air Tower di Cengkareng, Sales Office Sriwijaya Air Melawai di Jakarta, Sales Office Sriwijaya Air di Makassar, dan Sales Office Sriwijaya Air di Pontianak.

Dan Sriwijaya Air berencana untuk menambah lokasi Rapid Test di beberapa kota lain.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close