Ragam

MELAYANI PENUMPANG YANG SEDANG BERPUASA

PADUAN MELAYANI PENUMPANG YANG SEDANG BERPUASA

Infopenerbangan,- Melayani penumpang yang sedang berpuasa, itu adalah tugas yang lumayan berat untuk para Awak Kabin yang seharusnya melayani seperti biasanya, tetapi di bulan Ramadhan harus melayani Para Penumpang pesawat yang sedang berpuasa.

Pada saat puasa rasanya sangat malas untuk melakukan aktivitas apapun. Terkadang ada saja perjalanan dinas atau bisnis keluar kota atau bahkan keluar negeri, dan itu rasanya sangat malas. Tetapi jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan, apalagi untuk soal kerjaan pasti tidak akan mungkin bisa menolaknya. Sebenarnya, untuk umat muslim saat ingin melakukan perjalanan jauh tidak diharuskkan puasa, tetapi sekarang sudah mulai ada beberapa maskapai yang memahami penumpang beragama islam yang sedang menjalankan puasa.

PADUAN MELAYANI PENUMPANG YANG SEDANG BERPUASA

Untuk membantu umat muslim, maskapai-maskapai ini mulai membuat paduan maskapai yang melayani penumpangnya yang sedang Berpuasa. Ada beberapa paduan maskapai untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Muslim selama bulan puasa, yaitu :

  1. Staf Chek In dan Awak Kabin

Para Staf Chek in dan awak kabin harus mengetahui dasar-dasar selama puasa, hal ini agar memudahkan umat muslim yang sedang berpuasa, dan biasanya penumpang muslim akan lebih sering dalam membaca atau mendengarkan lantunan ayat Suci Al-Qur’an dan melakukan shalat.

  1. Harus bertanya kepada penumpang

Sebelum naik pesawat atau sedang chek in, staf chek in bisa bertanya apakah penumpang tersebut sedang berpuasa atau tidak. Bila berpuasa, staf chek in bisa memberi tahu kepada awak kabin.

  1. Hafalkan waktu sahur dan berbuka

Saat sahur adalah di mulai waktu saat puasa, dan berbuka adalah waktu berakhirnya puasa pada hari itu. Awak kabin juga harus berhati hati dalam memberikan makanan kepada penumpang. Untuk memudahkan, awak kabin bisa membuka situs muslim sebelum berangkat atau mengunduh aplikasi offline yang terkait dalam berbuka puasa.

  1. Memberikan pengumuman waktu sahur dan berbuka

Bila penumpang pesawat sebagian besar adalah Muslim, awak kabin senior harus memberikan informasi kepada penumpang jika sudah memasuki waktu sahur ataupun berbuka.  Atau awak kabin bisa memisahkan penumpang yang sedang berpuasa.

  1. Makanan Halal di dalam Kabin

Penumpang muslim yang akan berangkat biasanya memesan makanan halal terlebih dahulu. Namun disarankan, untuk maskapai menyediakan makanan halal selama bulan puasa dalam penerbangannya.

  1. Layani penumpang muslim secara tepat waktu

Tempelkan stiker di kursi penumpang yang sedang menjalankan ibadah puasa, untuk ini memudahkan para awak kabin lainnya bahwa ada penumpangnya yang sedang berpuasa. Dan lebih mempermudah untuk melayani penumpang tepat pada saat waktu buka puasa atau sahur.

Berikut tadi adalah paduan untuk para Kru Maskapai yang  memberikan pelayanan kepada para penumpang yang sedang berpuasa. Dan untuk kalian yang sedang berpuasa jangan jadikan kerjaan atau dinas keluar kota bahkan keluar negeri untuk bermalas-malasan ya! Karena beberapa maskapai sudah menyiapkan pelayanan terbaik untuk para penumpangnya yang sedang berpuasa.

(*/TZ)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker