Ragam

MENJAGA WASIR SAAT PENERBANGAN

BAGAIMANA CARA MENJAGA WASIR SAAT DALAM PENERBANGAN?

Infopenerbangan,- Hal terakhir yang anda ingin tanggung saat melakukan perjalanan adalah penyakit wasir yang sudah ada; penyakit ini membuat anda sulit untuk duduk dalam waktu yang lama. Anda juga tidak ingin penyakit ini bertambah berat ketika anda jauh dari rumah dimana hal itu dapat menjadi gangguan dan dapat membuat perjalanan anda menjadi tidak berkesan.

Ada beberapa tips yang kiranya dapat mengurangi rasa sakit ataupun menjauhkan penyakit tersebut dari perjalanan anda.

  • Beberapa hari sebelum melakukan perjalanan, tingkatkan konsumsi serat dalam jadwal makanan anda. Tambahkan sejumlah serat yang cukup dalam jadwal makan anda dapat membantu pelunakan tinja dan mencegah tegangan yang menyebabkan terjadinya wasir. Beberapa pilihan serat yang enak dan menyenangkan adalah buah dan sayuran segar, kacang-kacangan dan jagung berondong.
  • Gunakan obat bebas untuk pengobatan wasir. Banyak pengobatan dapat membantu mengurangi bengkak dan nyeri yang merupakan keluhan wasir yang paling tidak nyaman.
  • Rencanakan untuk merawat pantat anda dengan “sitz bath” pada hari anda melakukan perjalanan. Terapi tersebut dapat dilakukan dengan berendam dalam bak mandi dengan air setinggi 10 cm.
  • Lanjutkan untuk menjaga diit sehat. Hal ini menjadi sesuatu yang umum ketika kita cenderung untuk menjamu diri kita dengan makanan yang sedap, khususnya dalam pecan liburan panjang, saat melakukan perjalanan. Cobalah untuk membatasi makanan cepat saji selama perjalanan panjang; siapkan kudapan sehat yang tinggi serat untuk memastikan pergerakan usus yang teratur dan lembut.
  • Selama perjalanan, pastikan untuk memiliki waktu tertentu untuk bangkit dan berjalan. Menjaga aliran darah anda tetap mengalir adalah kunci dari mengurangi pembengkakan dan nyeri disekitar dubur dimana wasir tersebut berada.
  • Dapatkan bantal cincin tiup atu bantal busa. Bantal tersebut akan membantu mengurangi tekanan pada dubur anda dan membuat perjalanan anda lebih nyaman.
  • Berkonsultasilah dengan dokter keluarga anda sebelum melakukan perjalanan. Pilihan terbaik anda adalah menjalani pengobatan wasir hingga tunta Perlu diingat bahwa pengobatan wasir tidak selalu harus lama atau menyakitkan.

Melakukan perjalanan selama pekan liburan panjang yang menyenangkan dan menyegarkan dapat menjadi pengalaman berkesan di tahun ini. Siapkan diri anda sebelum menjalani perjalanan panjang dengan segala hal yang dibutuhkan dari “sitz baths” pada hari penerbangan hingga kudapan sehat dalam kabin pesawat.

(Oleh : Dr. Wendri W.P. Pelupessy)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker