DomestikInternasionalNews

MISI PEGASUS 2022, PESAWAT TEMPUR PRANCIS KUNJUNGI RI

InfoPenerbangan,- Jet tempur Prancis terlihat wara-wiri di langit RI, Senin (12/9/2022). Pesawat itu terdiri dari tiga pesawat tempur Dassault Rafale, satu pesawat Angkut A-400M, dan dua pesawat Airbus A330 MRTT.

 Kunjungan pesawat-pesawat Ini terkait serangkaian kegiatan kerjasama dengan TNI AU dalam misi PEGASE ’22, sejak 11 hingga 14 September 2022.

Misi Pegasus 2022 merupakan bagian dari upaya untuk memelihara kesiagaan pilot tempur untuk dikirim ke negara seluruh dunia, dan untuk menunjukan kemampuan proyeksi kekuatan angkatan udara Prancis.

“Misi PEGASE tim AU Perancis di Indonesia kali ini, merupakan kegiatan ketiga, setelah pada 2015 dan 2018, juga pernah dilaksanakan kegiatan yang sama di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta,” ujar TNI AU dalam keterangan resminya, Senin (12/9/2022).

Pesawat-pesawat itu sendiri diketahui terbang dari Australia setelah mengikuti latihan Pitch Black dengan beberapa negara termasuk Indonesia. Selama di Indonesia, tim AU Prancis, akan menggelar sejumlah kegiatan kerjasama kedua angkatan Udara.

“Beberapa kegiatan penting yaitu CC Letjen Frederic Parisot kepada Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CFSA. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan Subject Matter Expert Exchange (SMEE) bidang operasional dan pemeliharaan pesawat Rafale, Airbus A330 MRTT dan A-400M,” tambah TNI.

“Sementara pada Senin, dilaksanakan beberapa kegiatan, yaitu joyflight A-330 MRTT bagi media, joyflight A-400M bagi VIP Kemhan/TNI, dan backseat penerbang tempur TNI AU,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Indonesia sendiri telah memesan pesawat Dassault Rafale dan A-400M. Untuk Rafale, Indonesia telah memesan 42 unit pesawat tempur multi peran itu sementara A-400M, Indonesia diketahui telah memesan beberapa unit pesawat angkut yang juga memiliki kemampuan untuk mengisi bahan bakar di udara itu.

Sekretaris Jenderal Kemenhan, Marsdya TNI Donny Ermawan mengungkapkan bahwa alasan memilih produk pertahanan Prancis karena Jet Temput Rafale memiliki kapabilitas yang luar biasa.

Pesawat Jet Tempur Rafale ini juga berperan dalam misi permanen, dan peringatan reaksi cepat pertahanan udara atau kedaulatan udara, serta diklaim mampu sebagai proyeksi kekuatan dan penyebaran misi eksternal, misi serangan dalam.

Dari segi persenjataan, Dassault Rafale juga menggendong berbagai senjata perang seperti Mica, Magic, Sidewinder, ASRAAM, dan rudal udara ke udara, serta rudal udara ke darat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close