DomestikHot NewsNews

SOAL PENAMPARAN PETUGAS AVSEC, DIRJEN HUBUD TEMPUH JALUR HUKUM

Infopenerbangan – Insiden penamparan petugas Aviation Security (AVSEC) oleh calon penumpang terekam kamera CCTV bandara Sam Ratulangi, Manado. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Dirjen Hubud) Kementerian Perhubungan selaku regulator penerbangan nasional akan melaporkan hal tersebut ke petugas hukum yang berwajib.
Kepala Kesatuan Pelaksana Pengawasan Pelabuhan Udara ( KP3U) Bandara Sam Ratulangi telah membuatkan laporan untuk selanjutnya di BAP. Sedangkan petugas avsec yang terkait telah menjalani visum.
Dirjen Perhubungan Udara, Agus Santoso mengatakan, belajar dari kejadian tersebut mengharapkan agar para petugas penerbangan tidak surut dan takut dalam menjalankan tugasnya.
“Asalkan mereka menjalankan tugasnya sesuai dengan standar dan prosedur yang berlaku, kami akan melindungi anda semua,” ungkap Agus, Kamis (6/7).
Di sisi lain, Agus juga meminta semua pihak di penerbangan baik regulator dan operator untuk bekerja sama melakukan sosialisasi meningkatkan kesadaran masyarakat terkait keselamatan dan keamanan penerbangan. Sosialisasi tersebut harus dilakukan secara terus-menerus dengan cara yang elegan.
 “Kami berharap, ke depan semua pengguna jasa dan stakeholder perhubungan udara dapat lebih menaati aturan yang berlaku. Sektor perhubungan udara memang sangat kompleks dan berteknologi mutakhir, sehingga aturan dan regulasi yang berlaku menjadi sangat ketat sesuai dengan standar internasional, baik bagi penyedia maupun pengguna jasa. Semua ini demi keselamatan dan keamanan kita bersama,” pungkasnya.
Patut diketahui bahwa setiap petugas penerbangan nasional yang sedang bertugas dilindungi oleh hukum. Payung hukum yang melindungi mereka antara lain Undang-Undang no. 1 tahun 2009 tentang Penerbangan dan undang-undang lain seperti Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). (Fjn)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close