DomestikHot NewsNews

Mulai 12 Oktober, Jalur Selatan Jawa Bisa Digunakan Pesawat Komersil

Infopenerbangan,- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan rute jalur selatan Jawa sudah bisa digunakan untuk penerbangan domestik. Pembukaan rute jalur selatan Jawa diyakini dapat mengurai kepadatan jalur penerbangan utara Jawa.

Menurut Budi, selama ini jalur selatan Jawa hanya digunakan untuk penerbangan militer. Melalui konsep flexible used of airspace (FUA) jalur selatan Jawa akan dibuka pula untuk penerbangan komersil.

“Kami akan terus berkolaborasi antara sipil dengan militer untuk bisa memaksimalkan penggunaan ruang udara di selatan Jawa ini,” ujar Budi.

Budi menuturkan, pembukaan rute jalur penerbangan tersebut merupakan buah hasil dari AirNav Indonesia. Ia juga mengapresiasi dukungan TNI AU dalam mewujudkan terlaksananya FUA ini.

“Ini bisa tercapai karena koordinasi yang baik dengan TNI AU,” ujarnya.

Menurut Budi, dengan kerja sama ini, diharapkan peningkatan pertumbuhan penerbangan sipil dapat terlayani dengan tetap memperhatikan kepentingan militer.

AirNav Indonesia telah menerbitkan publikasi kepada seluruh stakeholder penerbangan baik domestik maupun internasional mengenai penggunaan jalur selatan Jawa tepat pada peringatan HUT Ke-72 RI yang jatuh pada 17 Agustus 2017 lalu. Jalur ini direncanakan akan beroperasi untuk penerbangan sipil pada 12 Oktober 2017 mendatang. (*/NP)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close