DomestikHighlightHot NewsNews

November, Bandara Belitung Naik Status Menjadi Bandara Internasional

Infopenerbangan.com, Peningkatan status Bandara H.A.S Hanandjoeddin Tanjungpandan, Belitung menjadi bandara internasional, bakal terwujud lebih awal pada bulan November 2016 mendatang.

Dari semula janji Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya pada awal tahun 2017. Keputusan dari percepatan peningkatan status bandara internasional yang akan dikeluarkan oleh Menhub tersebut, atas perintah Presiden Joko Widodo.

Bupati Belitung Sahani Saleh (Sanem) dan Ketua DPRD Kabupaten Belitung Taufik Rizani mendapat kabar percepatan status bandara internasional di Belitung, setelah menghadiri rapat di Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dua hari lalu.

“Sabtu besok, saya mengajak untuk semacam selamatan di bandara itu (Hanandjoeddin). Nah awal minggu pertama November itu, kita sudah menjadi bandara internasional,” kata Sanem dikutip dari tribunnews, Jumat (30/9/2016).

Ia menjelaskan, melengkapi fasilitas bandara internasional, terutama dari segi pelayanan seperti custom, immigration, dan qurantine (CIQ), saat ini masih dalam tahap persiapan.

Penyediaan loket atau ruangan untuk keberangkatan dan kedatangan warga negara asing (WNA) akan segara dibangun.
Pembangunan berskala kecil itu, kata Sanem, hanya bersifat sementara.

Sebab, proyek berskala besar dijadwalkan Desember 2016 mendatang karena masih dalam tahap tender.

Selanjutnya, Januari 2017 mulai pembangunan fasilitas dan infrastruktur bandara.

“Untuk penerbangan perdana itu, ada Lion dan Wings dari Kuala Lumpur-Tanjungpandan. Jadi ini bukan lagi sebuah wacana, tetapi sudah di depan mata. Sekarang kami menyiapkan fasilitas, ada waktu sekitar 30 hari untuk go international,” ujarnya. (*/RF)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close