DomestikHighlight

Pelindo III dan Garuda Indonesia Tandatangani Nota Kesepahaman

Untuk meningkatkan sinergi kedua BUMN, serta untuk mendukung kelancaran kegiatan bisnis Pelindo III yang menangani kepelabuhanan, yang wilayahnya meliputi hingga tujuh provinsi di Indonesia. PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) (“Pelindo III”) dan PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk., (“Garuda Indonesia”), menandatangani “Nota Kesepahaman Korporasi” pada hari Selasa (3/3).

Nota Kesepahaman Korporasi tersebut ditandatangani secara bersama-sama oleh Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto dan Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo di Auditorium Garuda City Center, Cengkareng.

Dalam keterangan pers yang diberikan, nota Kesepahaman tersebut meliputi pemanfaatan layanan Garuda Indonesia Group berupa kerjasama penyediaan jasa angkutan udara dengan harga khusus bagi pegawai dan keluarga Pelindo III dan afiliasinya, penempatan infrastruktur sistem reservasi (Corporate Online Sales) di Pelindo III, kerjasama bidang teknologi informasi (IT) yang disiapkan oleh Garuda Group berupa implementasi aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning), keanggotaan Garuda Miles bagi pegawai Pelindo dan afiliasinya, serta kerjasama bidang lainnya.

Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto mengatakan bahwa sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) antara Pelindo III dengan Garuda Indonesia ini merupakan langkah strategis guna mengoptimalkan pemanfaatan potensi bisnis keduanya, dengan prinsip saling menguntungkan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. “Pelindo III kini mengelola 43 pelabuhan di Indonesia dan mulai melebarkan bisnis usaha lainnya seperti perkapalan, energi, logistik dan properti. Dukungan penyediaan jasa transportasi udara dari maskapai terbaik dan kebanggaan bangsa ini akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja perseroan,” ungkap Djarwo.

Sementara itu Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo mengatakan bahwa melalui kerja sama tersebut, Garuda Indonesia akan menjadi maskapai resmi bagi perjalanan dinas guna menunjang kelancaran operasional seluruh pegawai Kantor Pusat dan Kantor Cabang Pelindo III serta anak perusahaan dan afiliasinya.

“Kerja sama ini juga akan membantu program efisiensi Pelindo III secara jangka panjang mengingat melalui kerjasama ini Garuda Indonesia akan memberikan potongan harga khusus dan layanan prioritas lainnya bagi seluruh pegawai Pelindo III dan afiliasinya serta keluarga. Melalui kerjasama ini, seluruh pegawai Pelindo III dan afiliasinya, nantinya juga akan menjadi anggota frequent flyer Garuda Miles, untuk menjamin ketersediaan kursi dan jaminan prioritas dan benefit lainnya bagi mereka”. Tambah Arif.

Selain itu, sinergi antar kedua BUMN ini juga akan dapat meng-optimalkan kinerja kedua BUMN, dan diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan sinergi BUMN lainnya.

(Eky)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close