Career

PEMBAHASAN GRAND DESIGN DANAU TOBA DUKUNG PENGEMBANGAN PARIWISATA

Infopenerbangan.com – Pembahasan mengenai Grand Design Transportation Danau Toba sukses diselenggarakan antara Kementerian Perhubungan dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang difasilitasi oleh Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Medan, Kamis (21/3/2019).

Pertemuan yang berlangsung di ruang Airbus ATKP Medan ini menghadirkan, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenhub, Bapak Ir. Sugihardjo,  Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Laut,  Bapak Sahatua dan Sekda Prov Sumut, Ibu Dr Ir Sabrina Msi serta dihadiri juga oleh Direktur ATKP Medan, Bapak Suyatmo, ST, MPd.

Dalam pertemuan tersebut dibicarakan pengembangan Danau Toba guna mendukung kegiatan pengembangan pariwisata.

Kegiatan ini merupakan hasil studi yang dilakukan antara Pusat penelitian Pengembangan LSDP dan Pusat penelitian Pengembangan antar moda pada tahun 2018, dimana terdapat beberapa permasalahan terkait pengembangan kawasan wisata Danau Toba.

Dalam kata sambutannya Direktur ATKP Medan, Suyatmo, ST, MPd. mengatakan, menyambut baik kegiatan ini dan merasa senang dapat menjadi tuan rumah acara tersebut.

“Mudah-mudahan rapat ini bermanfaat bagi kita semua terutama untuk bangsa dan negara“, ujarnya.

Sementara,  Kepala Badan Penelitian Pengembangan Ir. Sugihardjo menyampaikan tentang rekapitulasi sebaran pelabuhan yang ada di kawasan Danau Toba dan kondisi Eksisting Pelabuhan serta permasalahan yang dihadapi dalam mencapai grand design transportation Danau Toba.

Beliau menyampaikan pentingnya Attraction dalam rangka menarik wisatawan karena, Danau Toba masuk ke dalam bagian prioritas kekuatan pariwisata di Indonesia.

“Accessibility  juga sangat dibutuhkan dalam mendukung pariwisata karena accessibility merupakan hal yang paling penting dalam kegiatan pariwisata. Di sisi lain akses ini diidentikkan dengan transferabilitas, yaitu kemudahan untuk bergerak dari daerah yang satu ke daerah yang lain. Jika suatu daerah tidak tersedia aksesibilitas yang baik seperti bandara, pelabuhan dan jalan raya, maka tidak akan ada wisatawan yang mempengaruhi perkembangan aksesibilitas di daerah tersebut,”jelasnya.

Dalam pertemuan ini juga disebutkan beberapa rekomendasi studi di Kawasan danau toba, dimana hasil studi telah memperoleh rekomendasi khusus berdasarkan masukan terakhir pada saat serah terima laporan akhir hasil studi tahun 2018 kepada Kepala Dinas Perhubungan di Kabupaten yang ada di sekitar Kawasan Danau Toba. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close