DomestikHot NewsNews

Pembangunan Bandara Soedirman Diresmikan Hari Ini

Infopenerbangan,- Presiden Joko Widodo hari ini melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, hari ini. Rencananya, pembangunan bandara, khususnya perluasan landasan pacu (runway) ini akan dilakukan dalam dua tahap.

Tahap 1 berupa pembangunan landasan 1.600 meter (m) yang ditargetkan selesai pada akhir 2019. Sedangkan tahap 2 berupa perpanjangan landasan hingga 2.500 m.

“Dan kita harapkan ini nanti juga dengan terminal seluas 3.000 m2 akan bisa menampung penumpang 300.000 penumpang dalam setahun dan kita harapkan bandara selesai akhir tahun 2019,” imbuh Jokowi.

Jokowi mengharapkan, bandara ini tidak hanya memberikan manfaat untuk Kabupaten Purbalingga tetapi juga sembilan kabupaten/kota di antaranya Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Banyumas, Pemalang, Tegal, Brebes, Kota Tegal, dan Wonosobo.

“Kita harapkan nantinya juga akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Purbalingga dan sekitarnya. Harapan kita itu,” mantan Wali Kota Solo ini menambahkan.

Lebih jauh Jokowi mengatakan, saat ini di Purbalingga sudah ada investasi-investasi hampir seluruhnya berorientasi ekspor. Ia juga mencontohkan ada industri bulu mata yang terbesar, karena menyedot kurang lebih 60 ribu tenaga kerja.

“Di sini sudah ada investasi yang semua orientasi ekspor. Ada industri bulu mata yant terbesar karena menyangkut 60.000 tenaga kerja. Kalau bandara ini ada investasi seperti ini bisa lebih besar dan ekspansi. Kita harapkan tidak hanya bulu mata, investasi di bidang lain bisa berkembang cepat,” tuturnya.

Jokowi menargetkan pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga selesai akhir 2019. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker