DomestikHot NewsNews

Pengelolaan Slot Time Penerbangan Akan Dievaluasi Kemhub

Infopenerbangan — Slot time penerbangan sangat berperan penting dalam keselamatan penerbangan.
Apalagi  International Civil Aviation Organization (ICAO) telah mengeluarkan hasil audit pemenuhan Keselamatan penerbangan Indonesia saat ini di level 81,15% dibanding nilai yang didapat selama 10 tahun terakhir ini.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso menginstruksikan pelaksanaan evaluasi tim pengelolaan slot time penerbangan nasional dievaluasi agar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Aturan yang dimaksud adalah Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 57 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Alokasi Ketersediaan Waktu Terbang Slot Time Bandar Udara, serta Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara nomor KP 112 tahun 2017 tentang Tata Cara Pengelolaan Alokasi Waktu Terbang (Slot Time) Bandar Udara, serta IM 16 tahun 2017.

“Untuk itu kami selaku regulator perlu evaluasi berkala terhadap Penyelenggara Slot Time di Bandar Udara Indonesia sesuai tata cara dan standar prosedur operasi (SOP) sehingga pelaksanaannya di lapangan bisa lancar tetap transparan. Selain itu kami juga akan menjaga SOP tersebut agar ditaati sehingga tidak merugikan pihak- pihak yang berkaitan,” ujar Agus dalam keterangan resmi, Senin (18/12).

Dalam hal keselamatan, slot time berperan untuk mengatur lalu lintas (pergerakan pesawat) di bandar udara sehingga pergerakannya teratur dan terhindar dari tubrukan antar pesawat atau dengan benda-benda lain.

Sedangkan dari sisi bisnis dan pelayanan, slot time berperan untuk mengoptimalkan kinerja semua pihak di bandar udara secara lebih efektif dan efisien. Jika slot time berjalan dengan lancar, kinerja maskapai akan lebih efisien karena tidak menghambur-hamburkan bahan bakar untuk hal-hal yang tidak perlu. (Eky Fajrin)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close