News

PENJELASAN GARUDA SOAL CALL SIGN PESAWAT PK BERUBAH JADI VQ

InfoPenerbangan,- Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio mengunggah status terkait call sign PK di pesawat Garuda Indonesia yang berganti menjadi call sign VQ.

 Status Agus soal pergantian call sign itu diunggah di akun Instagram-nya. Menurut dia, pesawat tersebut sudah dikembalikan kepada lessor.

“Lho kok call sign pesawat Garuda Indonesia bukan PK (Indonesia) tetapi berganti menjadi VQ (Bermuda). Apa artinya? Artinya Pesawat yg disewa GA tsb sudah dikembalikan atau diambil oleh lessornya krn GA menunggak pembayaran leasingnya.” ujar Agus.

“Selain itu di Flightradar 24, pesawat GA juga sdh nyaris tidak terlihat krn sdh jarang terbang. Sediiihnya saya sbg bangsa Indonesia krn our flag carrier RI megap2 dan manajemen maupun pemegang saham blm ada tanda tanda upaya penanganannya yang joss” sambung Agus.

Garuda Indonesia lantas memberikan penjelasan. Pengembalian lebih awal armada yang belum jatuh tempo masa sewanya ini dalam rangka upaya intensif pemulihan kinerja. Ada dua armada dua armada B737-800 NG yang dikembalikan kepada salah satu lessor pesawat.

Percepatan pengembalian tersebut dilakukan setelah adanya kesepakatan Garuda dan pihak lessor pesawat. Salah satu syaratnya adalah pengembalian pesawat adalah dengan melakukan perubahan kode registrasi pesawat terkait.

“Percepatan pengembalian armada yang belum jatuh tempo masa sewanya, merupakan bagian dari langkah strategis Garuda Indonesia dalam mengoptimalisasikan produktivitas armada dengan mempercepat jangka waktu sewa pesawat. Hal ini merupakan langkah penting yang perlu kami lakukan di tengah tekanan kinerja usaha imbas pandemi COVID-19 dimana fokus utama kami adalah penyesuaian terhadap proyeksi kebutuhan pasar di era kenormalan baru,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam keterangan tertulis.

“Saat ini, kami juga terus menjalin komunikasi bersama lessor pesawat lainnya, tentunya dengan mengedepankan aspek legalitas dan compliance yang berlaku,” pungkas Irfan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close