News

PERKUAT TNI AU, PESAWAT JET FALCON 7X DAN 8X SIAP BEROPERASI

InfoPenerbangan,-TNI Angkatan Udara (AU) menggelar tradisi penyambutan pesawat jet Dassault jenis Falcon 7X dan Falcon 8X asal Prancis di Hanggar Skadron Udara 17 Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengatakan, tradisi tersebut menjadi tanda mengawali operasional.

Tradisi penyambutan pesawat baru kata KSAU, merupakan doa untuk para pilot dan kru pesawat Falcon 7X dan 8X Skadron Udara 17, agar diberikan keselamatan dalam mengoperasikan dua pesawat itu. Ia pun meminta kepada seluruh kru, agar meningkatkan penguasaan, dan menyesuaikan pengoperasian pesawat. 

“Kepada seluruh kru, segera menyesuaikan dalam mengoperasikan pesawat Falcon 7X dan Falcon 8X. Teruslah belajar dan tingkatkan penguasaan pesawat Falcon 7X dan Falcon 8X,” kata Fadjar di Hanggar Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu.

Fadjar menjelaskan, Falcon 7X dan 8X bisa dioperasionalkan untuk mendukung komando dan pengendalian pimpinan TNI, TNI AU, maupun Lembaga negara lainnya dalam menjalankan tugas kenegaraan.

Tidak lupa Fadjar menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah menyetujui penambahan alutsista modern bagi TNI AU. Menurutnya, kehadiran kedua pesawat ini merupakan salah satu mewujudkan TNI AU menjadi Angkatan Udara yang disegani di kawasan.

Untuk diketahui, kedua pesawat itu datang ke Indonesia (Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta) pada Selasa (27/12/2022). Pesawat angkut VVIP/VIP TNI AU bermesin jet ini, diterbangkan dari Prancis menuju Dubai UEA (26/12/2022). Kemudian melanjutkan penerbangan ke Indonesia dan tiba di Lanud Halim.

Kedatangan dua pesawat itu pun ditinjau langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto pada tanggal 28 Desember 2022. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close