DomestikHot NewsNewsRagamUncategorized

PERLU PENGATURAN UNTUK TRADISI BALON UDARA

Infopenerbangan.com – Tangerang.
Dalam pertemuan Halal Bihalal DPP Ikatan Alumni Curug (IAC) di Kampus STPI, Selasa (11/6/2019), Ketua IAC Salahudin Rafi mengatakan pertemuan kali ini tidak hanya untuk mempererat tali silaturahmi antar alumni dan taruna, juga membahas kondisi dunia aviasi yang sedang terjadi saat ini.

IAC menyadari bahwa ternyata peranan alumni sangat penting untuk menghubungkan lulusan STPI dengan industri aviasi. Melihat kondisi aviasi Indonesia yang sedang menghadapi berbagai masalah IAC ingin berkontribusi dan berperan dalam memberi solusi.

Diantara topik yang dibincangkan adalah maraknya tradisi menerbangkan balon udara yang dilakukan di berbagai daerah yang melanggar PM 40 TAHUN 2018. Hal ini telah lama berlangsung dan membahayakan keselamatan penerbangan. Pelepasan balon udara tetap bisa dilakukan di jarak tertentu diluar Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP). KKOP adalah wilayah daratan dan/atau perairan serta ruang udara di sekitar bandar udara yang digunakan untuk kegiatan operasi penerbangan dalam rangka menjamin keselamatan penerbangan.

” Untuk tetap terselenggaranya tradisi masyarakat tersebut tanpa mengganggu keselamatan, maka perlu dibuat sebuah aturan dan peraturan di daerah tertentu”, ungkap Rafi. Mantan Direktur Operasi Angkasa Pura II itu menambahkan, bahwa menerbangkan balon udara untuk melakukan tradisi budaya bisa dilakukan diluar KKOP dan dapat tertib jika diatur oleh PERDA (Peraturan Daerah)

Dalam kesempatan diskusi santai dengan alumni dari berbagai praktisi penerbangan kali ini, IAC berharap dunia penerbangan di Indonesia harus mengadopsi sistem Link and Match. “ Industri aviasi Indonesia juga perlu memiliki road map.

FOTO: Ikatan Alumni Curug

Dengan adanya road map, institusi pendidikan dapat mempersiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan industri aviasi Indonesia, sehingga sumber daya manusia yang ada dapat memenuhi kualifikasi di industri aviasi dengan daya serap sepenuhnya.

Rafi adalah alumni dari PLP (Pendidikan Latihan Penerbangan) Curug tahun 1989 yang kini sudah berganti menjadi nama STPI. Bersama alumni dari berbagai jurusan dan bidang ingin menyediakan wadah untuk bertemunya taruna muda dengan alumni yang sudah terjun langsung di industri penerbangan sehingga mendapat pengetahuan dan pengalaman dari para senior yang sudah terjun langsung. Kedepannya IAC juga turut memperhatikan relevansi kurikulum di STPI terhadap dinamika industri saat ini. (*)



Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close