Internasional

PIALA DUNIA 2022 : PENERBANGAN LANGSUNG PERTAMA ISRAEL-QATAR DIBUKA

InfoPenerbangan,- Penggemar sepak bola asal Israel tampak antusias karena bisa menghadiri Piala Dunia 2022 di Qatar, dengan berbagai kemudahan yang hanya diizinkan selama penyelenggaraan turnamen tersebut.

Maskapai Israel, Siprus TUS Airways melakukan penerbangan perdana tujuan Qatar lepas landas pada Minggu (20/11). Penerbangan tersebut dimungkinkan setelah mendapatkan persetujuan dari pemerintah Israel dan Qatar meskipun kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik. 

Maskapai itu akan mengoperasikan enam penerbangan pulang pergi antara Tel Aviv dan Doha selama Piala Dunia. Dimulai hari Minggu (20/11) dan berakhir pada 18 Desember.

’’Penerbangan charter langsung akan dioperasikan sementara antara Bandara Ben Gurion di Tel Aviv dan Bandara Internasional Hamad di Doha oleh maskapai penerbangan dengan hak mendarat yang ada di Qatar selama Piala Dunia FIFA, tunduk pada persyaratan keamanan dan kemampuan operasional Israel,’’ terang FIFA melalui situs resmi.

Israel juga mengirim diplomat ke Qatar untuk membantu memenuhi kebutuhan warganya saat menghadiri Piala Dunia.

Sebab, ada sekitar 10 ribu warga Israel dan Palestina yang telah mengantongi tiket untuk beberapa pertandingan. Namun, demi keamanan, warga Israel diimbau untuk tidak terlalu menonjolkan identitasnya.

’’Tim Iran bakal ada di Piala Dunia dan kami perkirakan puluhan ribu penggemar akan mengikutinya.”

”Juga, suporter dari negara-negara teluk yang tidak punya hubungan diplomatik dengan kami,’’ kata Kepala Divisi Direktorat Diplomasi Publik Nasional Israel Lior Haiat. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close