Career

PPSDMPU GELAR KONVENSI RSKKNI OPERASI DAN PELAYANAN DARAT DI BANDAR UDARA

Infopenerbangan – Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara (PPSDMPU) menggelar Sidang Konvensi Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) bidang operasi dan pelayanan darat di bandar udara (Ground Operation and Service) yang dilangsungkan di Hotel Merlynn Park Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Hadir pada kegiatan tersebut Bapak Agus Santoso selaku Widyaiswara Utama  yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Perhubungan Udara.

Konvensi RSKKNI dihadiri oleh kurang lebih 60 orang yang terdiri dari beberapa perwakilan industri,  lembaga diklat,  asosiasi industri, asosiasi profesi, para pakar, narasumber dan perwakilan dari pemerintah.

Kegiatan Konvensi RSKKNI secara resmi dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara yang diwakili oleh Ibu Lilis Kurnianingsih selaku Kasubid Standarisasi Pelatihan.

Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan sambutan Kepala PPSDMPU bahwa SKKNI strategis dalam menjamin kwalitas tenaga kerja Indonesia. SKKNI juga dapat digunakan oleh institusi pendidikan dan pelatihan, industri dan lembaga sertifikasi baik sebagai acuan dalam pengembangan program dan kurikulum, rekruitmen dan penilaian unjuk kerja maupun untuk pengembangan materi uji kompetensi dalam rangka sertifikasi.

Untuk itu SKKNI harus disusun berdasarkan kebutuhan industri atau pengguna. Kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan SKKNI yang bisa diterapkan dan menjadi acuan dalam pelatihan sesuai kebutuhan. SKKNI tersebut nantinya juga bisa diturunkan menjadi standar uji kompetensi dan menjadi kurikulum bagi pelatihan di bidang operasi dan pelayanan darat di bandar udara. (*)

Sumber: PPSDMPU

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close