Internasional

RIBUAN PENERBANGAN DI AS BATAL KARENA GANGGUAN SISTEM

InfoPenerbangan,-  Semua penerbangan domestik di seluruh wilayah Amerika Serikat (AS) terpaksa dihentikan Rabu (11/1/2023) pagi waktu setempat karena kegagalan sistem Administrasi Penerbangan Federal (FAA). Ini membuat sejumlah rencana perjalanan gagal dan menyebabkan kekacauan.

Lebih dari 2.800 penerbangan di AS dibatalkan dan 9.700 penerbangan ditunda akibat kerusakan pada file database sistem pada hari Rabu waktu AS.

Dalam pernyataan resminya FAA telah melacak pemadaman ke file database yang rusak. Pihak juga menyebutkan tidak ada bukti atau indikasi terjadinya serangan siber.

Adapun saat ini operasi lalu lintas udara telah berjalan dan dilanjutkan secara bertahap di seluruh AS. Selain itu, pihak FAA juga telah mencabut ground stop yang sebelumnya diberlakukan.

FAA melaporkan gangguan pada Notice to Air Missions, atau NOTAM — sistem penting yang menyampaikan informasi penting ke pilot dan bandara. 

NOTAM adalah sistem keselamatan yang dapat melacak lokasi pesawat untuk mencegah kecelakaan. Sistem ini juga dapat memberikan informasi kepada pilot tentang bahaya, termasuk memberi tahu perubahan fasilitas bandara dan informasi yang dapat mempengaruhi penerbangan.

“NOTAM adalah pemberitahuan yang berisi informasi penting bagi personel yang terkait dengan operasi penerbangan tetapi tidak diketahui jauh sebelumnya untuk dipublikasikan dengan cara lain,” menurut situs web FAA, sebagaimana dikutip AFP, Kamis (12/1/2023).

“Ini menyatakan status abnormal dari komponen Sistem Ruang Udara Nasional, bukan status normal,” tambah laman itu.

Sistem ini berasal dari tahun 1947. Awalnya dikenal sebagai “Pemberitahuan kepada Penerbang”. FAA mengubah namanya pada Desember 2021 menjadi NOTAM.

Pakar penerbangan mengatakan peringatannya bisa sangat penting. Seperti pemberitahuan landasan pacu tertutup, atau jika ada masalah dengan sinyal berbasis darat yang digunakan untuk mendaratkan pesawat.

Tetapi peringatannya juga bisa sangat banyak dan mungkin mengandung informasi yang kurang penting. Mulai dari keberadaan derek konstruksi di dekat bandara atau kru yang sedang memotong rumput.

Tapi, dalam buku pegangan FAA untuk pilot, NOTAM akan memberi pemberitahuan dengan “penggunaan kontraksi khusus”. Kontraksi, disebut, sangat penting untuk struktur NOTAM karena membuat komunikasi lebih efisien dan memungkinkan sistem komputer mengurai kata-kata penting.

Mengenai kerusakan saat ini, Sekretaris Perhubungan AS Pete Buttigieg mengatakan badan itu tidak mengesampingkan kemungkinan “aktor jahat” yang menyebabkan penundaan ribuan penerbangan AS. Tetapi sejauh ini tidak ada bukti yang mengarah ke arah itu.

Buttigieg mengatakan bahwa penyelidikan akan berfokus pada mengapa sistem cadangan tidak dapat berfungsi secara nasional. Sementara beberapa ahli berspekulasi bahwa masalahnya mungkin berasal dari pembaruan perangkat lunak yang tidak diterima dengan baik menjadi penyebab. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close