DomestikHot NewsNews

Skytrain Resmi Beroperasi Hari Ini

Infopenerbangan,- Automated People Mover System (APMS) atau Skytrain di Bandara Internasional Soekarno-Hatta resmi beroperasi hari ini. Kereta tanpa awak ini beroperasi pada satu track dan satu rute destinasi dari terminal 3 ke terminal 2 dan sebaliknya pada tahap awal.

Peresmian operasi Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta dilakukan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) M. Awaluddin.

Budi Karya yang ikut dalam peresmian juga mengungkapkan kebanggaannya atas pengoperasian Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Soekarno-Hatta adalah showcase Indonesia, oleh karenanya keharusan menampilkan Soekarno-Hatta bukan hanya cantik, juga memiliki fungsi sama baiknya dengan bandara terkemuka,” ujar Budi.

Senada dengan Budi,  Menteri BUMN Rini Soemarno juga mengapresiasi kinerja AP II selaku operator. Mengingat, Skytrain ini merupakan sinergi antara perusahaan swasta dalam negeri, swasta asing, dan BUMN.

“Saya sangat bersyukur dan bangga bisa memberikan hadiah bagi Kemenhub. Ini betul-betul satu pekerja yang kita ikuti terus bersama-sama karena ini sinergi BUMN dan perusahaan swasta Indonesia dan asing saya bangga dalam waktu sempit waktu 12 bulan kita bisa people mover ini,” jelas Rini.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Tbk Muhammad Awaluddin mengatakan jarak tempuh antar kedua terminal tersebut dapat dicapai dalam kurun waktu kurang dari lima menit saja menggunakan skytrain.

“Waktu tempuh Terminal 3 ke Terminal 2 ini cuma tiga menit dengan kecepatan maksimal 60 kilometer per jam,” ungkap Awaluddin di Shelter Skytrain Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Minggu (17/9/2017).

Skytrain melayani perpindahan calon penumpang pesawat, pengantar, petugas bandara, dan masyarakat umum lainnya di antara Terminal I, Terminal Integrated Building, Terminal 2, Terminal 3.2 sampai Terminal 3.1 dan sebaliknya. Layanan ini juga tidak dikenakan biaya kepada penumpang. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close