Hot NewsInternasionalNews

Stratolaunch, Pesawat Terbesar Di Dunia Karya Bapak Microsoft

Infopenerbangan,- Paul Allen salah satu pendiri microsoft merilis foto sebuah pesawat terbang terbesar di dunia yang diperuntukkan untuk meluncurkan roket ke luar angkasa. Selama 6 tahun terakhir Paul bersama team perusahaannya tengah bekerja keras menyelesaikan proyek pesawat terbang raksasa. Saat ini pesawat yang diberi nama Stratolaunch sudah dalam tahap uji bahan bakar untuk nantinya siap mengudara.

Pesawat itu telah diuji coba untuk pertama kalinya di Gurun Mojave. Stratolaunch memiliki rentang sayap 385 kaki, atau setara dengan lebar lapangan sepak bola.

Pesawat ini mendapat tenaga dari enam mesin jet 747 yang ditempatkan di 28 roda dan bisa membawa bahan bakar 250.000 pon. Diperlukan landasan pacu sepanjang 12.000 kaki hanya untuk lepas landas.

Pesawat ini diciptakan bukan untuk dijadikan pesawat pengangkut penumpang, Stratolaunch dimaksudkan untuk meluncurkan roket ke luar angkasa. Roket ini akan membawa satelit kecil yang beratnya mencapai 1.000 pound ke orbit.

Paul Allen berharap pesawat Stratolaunch ini siap mengudara secepatnya. Jika seluruh tes uji coba berjalan lancar, maka pada tahun 2019 pesawat ini sudah mengudara. (*/NP)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close