News

SUPER AIR JET KANTONGI AOC DARI KEMENHUB

Info Penerbangan,- Maskapai penerbangan swasta baru Super Air Jet telah resmi mengantongi Sertifikat Operator Penerbangan (Air Operator Certificate atau AOC) nomor 121-060.

Maskapai penerbangan swasta baru yang mengusung konsep lebih kekinian “milenial” ini sudah mendapatkan persetujuan yang diberikan oleh Otoritas Penerbangan Nasional. Dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara, Kementerian Perhubungan RI.

Seluruh proses pembentukan SUPER AIR JET melalui prosedur yang panjang dan telah dijalankan menurut ketentuan dari perundang-undangan yang berlaku.

Dengan terbitnya izin dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub,  Super Air Jet telah memenuhi proses sertifikasi. Tahapan ini dilaksanakan selama 9 (sembilan) bulan mengacu kepada ketentuan ICAO (Organisasi Penerbangan Sipil Internasional).

“Dalam memenuhi proses sertifikasi ini, Super Air Jet berhasil melalui 5 (lima) tahapan atau fase, yaitu Pre-Application, Formal Application, Document Compliance, Demonstration & Inspection, dan Certification,” ujar Direktur Utama Super Air Jet Ari Azhari dalam siaran pers dikutip Kamis (1/7/2021).

Tidak hanya itu, Super Air Jet telah mengantongi Surat Izin Usaha Angkutan Udara Berjadwal (SIUAU-NB) dengan Nomor SIUAU/NB-036.

SUPER AIR JET memiliki kode penerbangan IU dari Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional (IATA), SJV dari ICAO, dan PROSPER untuk kode panggil (callsign) di udara.

Pada tahap awal SUPER AIR JET mengoperasikan 3 (tiga) armada jenis Airbus 320-200 dengan kapasitas penumpang 180 kursi kelas ekonomi yang nyaman dikelasnya, tempat duduk ergonomis.

“Super Air Jet didirikan atas dasar (rasa) optimis bahwa peluang pasar, khususnya kebutuhan penerbangan dalam negeri masih ada dan terbuka luas, ada permintaan yang sangat kuat dari masyarakat untuk perjalanan udara saat ini, terutama para milenial,” ujarnya.

“Hal ini sesuai dengan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan, sehingga angkutan udara dalam upaya mobilitas orang dan barang sangat dibutuhkan, sejalan konektivitas antarwilayah agar saling terhubung dan tercipta dengan baik.” sambungnya.

SUPER AIR JET BUKA 10 RUTE PENERBANGAN

Melansir dari Kompas.com, terdapat 10 rute penerbangan domestik yang akan dibuka oleh Super Air Jet. Tarif termurah dimulai dari Rp 252.000 untuk rute penerbangan Jakarta-Palembang.

Selain itu, juga ada rute Jakarta-Pontianak dengan tarif mulai dari Rp 385.000, Jakarta-Padang dengan tarif mulai dari Rp 440.000, dan Jakarta-Batam dengan tarif mulai dari Rp 429.000.

Super Air Jet juga melayani rute Jakarta-Lombok dengan tarif mulai dari Rp 416.000, Jakarta-Surabaya dengan tarif mulai dari Rp 384.000, Jakarta-Denpasar dengan tarif mulai Rp 426.000, dan Jakarta-Banjarmasin dengan tarif Rp 437.000. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close