Ragam

TERBANG DENGAN PENYAKIT ASMA

BAGAIMANA JIKA HARUS TERBANG DENGAN KONDISI SAKIT ASMA

Infopenerbangan, – Penyakit asma adalah kelainan saluran napas jangka panjang yang mempengaruhi jalan napas dari paru-paru dan menyebabkan timbulnya peradangan. Peradangan tersebut menyebabkan jalan napas menjadi lebih sensitive  terhadap berbagai partikel asing.

Hal ini akan menimbulkan masalah bagi penderita asma yang akan melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Namun kunci dari kesuksesan dalam melakukan penerbangan dalam kondisi penyakit asma adalah menghindari setiap tindakan yang dapat mencetuskan serangan asma.

Penderita asma dapat terbang dengan persiapan yang matang. Hal-hal yang perlu Anda siapkan sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat terbang adalah sebagai berikut (menurut Dr. Wendri Wildiartono) :  

1. Kunjungi dokter untuk pemeriksaan kesehatan Anda dan bertanyalah mengenai beberapa jenis pengobatan darurat apabila serangan asma tiba-tiba kambuh, seperti obat kortikosteroid atau obat suntik epinefrin, yang dapat dibawa dalam perjalanan dengan pesawat terbang.

2. Hubungi setiap maskapai penerbangan untuk menanyakan mengenai kebijakan maskapai penerbangan tentang binatang peliharaan dalam kabin penumpang. Pilih maskapai yang memiliki kebijakan tidak mengizinkan binatang peliharaan dalam kabin penumpang untuk menghindari setiap kemungkinan terjadinya reaksi alergi akibat bulu hewan peliharaan.  

3. Simpan seluruh cairan obat-obatan ke dalam tas transparan dengan resleting berukuran sedang jika berukuran 100 mm atau kurang.

4. Masukkan tas transparan yang berisi cairan obat-obatan tersebut bersama dengan obat-obatan lainnya ke dalam tas ukuran dompet agar dapat dibawa kemana pun Anda pergi.

5. Beritahukan kepada petugas keamanan bandar udara mengenai cairan obat-obatan yang Anda bawa. Pisahkan cairan obat-obatan tersebut dari barang bawaan Anda lainnya saat akan menjalani pemeriksaan barang dengan rontgen di mana Anda perlu bersiap untuk membukanya, menunjukkannya dihadapan petugas keamanan bandar udara dan merapihkannya kembali.

(*/TZ)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close