DomestikHot NewsNews

Terminal 3 Soekarno Hatta Siap Dioperasikan Mulai 1 Mei

Infopenerbangan,- Garuda Indonesia dan PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan siap mengoperasikan layanan penerbangan internasional dari dan menuju Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng mulai tanggal 1 Mei 2017 Pkl 00.01 WIB, setelah selesaikan sejumlah simulasi sebagai syarat untuk memperoleh kelayakan operasional

Beberapa simulasi pun telah dilakukan oleh AP II dan Garuda Indonesia, seperti simulasi arus penumpang atau passenger flow mulai dari penumpang tiba di gate keberangkatan hingga proses naik pesawat serta sebaliknya mulai dari pesawat mendarat hingga penumpang menuju gate kedatangan dan juga simulasi operasional pesawat ditekankan kepada pergerakan pesawat di apron T3 Internasional.

Head of Corporate Secretary & Legal PT Angkasa Pura II (Persero) Agus Haryadi mengatakan, “Simulasi pengoperasian T3 Internasional telah dilakukan beberapa kali dan catatan-catatan yang ada dapat dibenahi dan dihilangkan sehingga kami optimistis pada 1 Mei 2017 operasional T3 Internasional  dapat berjalan lancar untuk penerbangan Garuda,”katanya.

Terminal 3 dilengkapi sejumlah fasilitas seperti 64 konter imigrasi (masing-masing 32 konter untuk keberangkatan dan kedatangan), 30 autogate imigrasi (masing-masing 15 autogate untuk keberangkatan dan kedatangan), lalu 6 titik baggage claim, kemudian 6 garbarata, dan gedung parkir untuk mobil dan sepeda motor total kapasitas sebanyak 1.200 kendaraan.

Sementara itu, VP Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S. Butarbutar mengatakan, “Garuda berharap pengguna jasa penerbangan internasional dapat menikmati peningkatan fasilitas dan standar pelayanan bintang lima yang Garuda Indonesia berikan melalui terminal baru berkapasitas total 25 juta penumpang tersebut.”katanya.

Garuda Indonesia juga telah berkoordinasi secara intensif dengan AP II khususnya terkait aspek IT & back office readiness, electricity hingga aspek facility readiness. Garuda Indonesia juga telah melakukan rekonsialisasi standar keamanan penerbangan yang mengacu regulasi dan kebijakan Department For Transport (DTF) di Inggris.

“Kami juga secara aktif telah berkoordinasi dengan IATA hingga SkyTeam terkait sosialiasi layanan di terminal 3 nantinya,” tambah Benny.

Dari aspek persiapan, berbagai fasilitas layanan pre flight internasional di terminal 3 juga sudah siap untuk beroperasi baik dari segi fasilitas infrastruktur premium check in, Skypriority, crew transit, premium executive lounge, premium arrival & international service, hingga baggage service international.

Sejak awal beroperasi, Terminal 3 terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang hingga juga dapat mendukung Bandara Soekarno-Hatta meraih penghargaan The World’s Most Improved Airports 2017 dari Skytrax, sebuah lembaga berbasis di Inggris yang diakui di industri aviasi global.(*/NP)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close