Ragam

TIPS UNTUK PERTAMA KALI TERBANG

TIPS BAGI YANG PERTAMA KALI TERBANG

Infopenerbangan,- Tips untuk pertama kali terbang? Apakah saja itu? Akankah anda merasa aman jika pertama kali menaiki pesawat? Jangan takut untuk melakukan memilih perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang jika anda baru pertama kali naik pesawat. Saat melihat bandar udara itu menjadi asing mungkin menurut anda.

Prosedur-prosedur di bandara tentunya harus diikuti, salah satunya adalah check in. Sebagai calon penumpang pesawat, hal yang paling penting adalah mempersiapkan tiket sesuai dengan tanggal keberangkatan disertai dengan bukti identitas yang masih berlaku.

Pada saat masuk pintu utama bandara, barang-barang anda akan diperiksa oleh security menggunakan X-Ray Cabbinet. Alat tersebut berfungsi untuk memeriksa barang-barang bawaan penumpang. Selanjutnya, penumpang harus melewati pintu khusus. Jika anda membawa barang yang mengandung logam, alat(pintu) akan berbunyi, selanjutnya petugas akan memeriksa anda. Jadi, jangan takut asalkan kita tidak membawa barang yang berbahaya.

CHECK INĀ 

TIPS UNTUK PERTAMA KALI TERBANG

Untuk selanjutnya, anda harus melangkah ke apa yang disebut Counter Check In. Petugas akan , mencocokan nama apakah sesuai dengan tiket atau mendaftar ulang. Jika anda membawa barang dengan ukuran terlalu besar, maka barang anda akan dimasukkan ke bagasi pesawat melalui check in.

Setelah itu anda akan mendapatkan boarding pass (kartu lembaran) yang berisi nama penumpang, nomor kursi di pesawat, jam boarding, boarding gate (pintu keberangkatan). Untuk, boarding pass jangan sampai hilang ataupun rusak karena anda harus masih membayar pajak bandara dan kemudian nantinya akan diperiksa oleh petugas kembali, sebagai bukti sah keberangkatan.

Bagi penerbangan Internasional, jika anda berumur lebih dari 21 tahun pastikan mendapat bebas fiskal, yang dilakukan di counter fiskal clearance. Jika punya NPWP atau menjadi tanggungan dari orang tua yang punya NPWP, anda cukup membawa bukti copy Kartu Keluarga dan copy NPWP, dan barulah boarding pass akan distempel. Jika anda dibawah 21 tahun bebas fisikal. Jika tidak mempunyai NPWP maka harus membayar 2,5 juta.

BOARDING LOUNGE

TIPS UNTUK PERTAMA KALI TERBANG
Ilutsrasi Boarding Pass

Setelah membayar pajak bandara, umumnya masih ada pemeriksaan melalui X-Ray. Menunggu keberangkatan harus masuk di Boarding Lounge (Waiting Room). Disinilah tempat bagi waktu senggang anda yang bisa anda gunakan untuk membuang waktu selama menunggu jadwal keberangkatan pesawat.

(*/TZ)

 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close