DomestikHot NewsNews

Wow, Jemaah Haji Padang Terbang dengan Boeing 777

Infopenerbangan – Penerbangan Haji 2017 embarkasi Padang akan menggunakan pesawat berbadan lebar Boeing 777 seri 300 ER. Pesawat ini mampu mengangkut jemaah 391 setiap kloter. Jumlah jemaah berasal dari Sumatera Barat dan Bengkulu yang berjumlah 6345 akanĀ  dibagi dalam 16 kloter.

Penggunanan pesawat dengan kemampuan maksimal 351 ton ini sempat menjadi perbincangan dikalangan dunia aviasi. Hal yang dipertanyakan mulai dari kemampuan kekuatan landasan dan apron bandar udara Minangkabau.

Pemerintah sebagai regulator telah menerbitkan surat kepada berbagai pihak sebelum menggunakan pesawat ini di bandar udara Minangkabau.

Setelah berbagai kajian dan prosedur yang harus dilaksanakan, kemarin, Kamis (27/07/2017) sebuah pesawat registrasi PK-GID mendarat dengan mulus. Namun, untuk menuju apron( pelataran parkir) dibutuhkan alat bantu untuk towing dan memakan waktu 45 menit.

Pesawat B777-300 ER juga digunakan untuk mengangkut jemaah haji dari embarkasi Halim PK, Medan dan Banda Aceh. Untuk bandar udara Minangkabau baru tahun ini menggunakan pesawat jenis ini. (*TM)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close