InternasionalMerchandiseNews

Air India Lintasi Wilayah Udara Arab Saudi Untuk Rute Israel

Infopenerbangan,- Arab Saudi untuk pertama kalinya membuka wilayah udaranya untuk penerbangan komersial ke Israel dengan penerbangan perdana dilakukan pada Kamis (22/3), dengan melibatkan penerbangan Air India dengan rute New Delhi menuju Tel Aviv.

Air India 139 mendarat di Bandara Ben Gurion di Tel Aviv setelah penerbangan lebih dari 7 jam melalui wilayah udara Arab Saudi. Ini menandai pergeseran diplomatik untuk Riyadh yang menurut Israel dimotori oleh keprihatinan bersama atas pengaruh Iran di wilayah tersebut.

“Ini adalah hari yang benar-benar bersejarah yang mengikuti dua tahun kerja yang sangat, sangat intensif,” kata Menteri Pariwisata Israel Yariv Levin seperti dimuat Reuters.

Dia menambahkan bahwa menggunakan wilayah udara Saudi bisa memangkas waktu perjalanan ke India sekitar dua jam dan akan mengurangi harga tiket.

Riyadh belum secara resmi menegaskan pemberian hak overflight pesawat Air India. Sementara langkah itu mengakhiri larangan 70 tahun pada pesawat terbang ke atau dari Israel melalui wilayah udara Saudi, belum ada indikasi bahwa itu akan diterapkan untuk maskapai penerbangan Israel.

Air India Boeing 787-8 Dreamliner memasuki wilayah udara Saudi pada sekitar 1645 GMT dan melompati kerajaan di 40.000 kaki selama sekitar tiga jam, datang dalam 60 km (37 mil) dari ibukota Riyadh, menurut aplikasi pemantauan Flightradar. Kemudian menyeberangi Yordan dan Tepi Barat yang diduduki ke Israel. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close