Internasional

AIRASIA X PESAN 42 PESAWAT AIRBUS SENILAI US$ 5 MILIAR

Infopenerbangan – Sebanyak 42 unit pesawat Airbus senilai US$ 5 miliar atau setara dengan Rp 71,1 triliun telah dipesan oleh maskapai penerbangan AirAsia X. Kabar ini telah dikonfirmasi oleh pihak Airbus. Menurut pihak Airbus, pemesanan ini menggenapkan jumlah pesanan pesawat AirAsia X menjadi 78 unit.

Adapun rincian pemesanan dari AirAsia X adalah 12 unit pesawat Airbus A330neo untuk penerbangan jarak jauh dan 30 unit pesawat Airbus model terbaru A321XLR.

Sebagai informasi, dalam ajang dirgantara Paris Air Show, Airbus meluncurkan pesawat terbaru A321XLR, yang rencananya bakal mengudara di tahun 2023. Pesawat berbadan ramping single aisle ini menjadi alternatif efisiensi biaya dibandingkan pesawat berbadan lebar. Dibandingkan pendahulunya A321LR, pesawat Airbus A321XLR ini 15 persen lebih efisien.

Menurut Tan Sri Tony Fernandes, CEO AirAsia, pesawat tipe baru yang dipesan memungkinkan AirAsia X menawarkan penerbangan ke sejumlah destinasi baru. Saat ini AirAsia X melayani penerbangan ke-31 destinasi di kawasan Asia, Australia, Timur Tengah dan Amerika Serikat. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close