Highlight

AirAsia X Raih Sertifikat Keselamatan Penerbangan IATA

Beberapa waktu lalu, AirAsia X, afiliasi Grup maskapai penerbangan berbiaya hemat AirAsia, berhasil menyelesaikan proses audit keselamatan penerbangan dari International Air Transport Association (IATA) atau yang dikenal dengan IATA Opeational Safety Audit / IOSA.

Adapun IOSA merupakan sebuah tolok ukur manajemen keselamatan penerbangan yang diakui secara global dan AirAsia X secara resmi telah bergabung dalam IOSA pada 16 April 2015.

Co-Founder dan Grup CEO AirAsia, Tony Fernandes mengatakan, “Masuknya AirAsia X ke dalam IOSA adalah sebuah tonggak sejarah baru bagi Grup AirAsia. Kami memulai proses audit IOSA pada akhir tahun 2012 dan kami sungguh senang untuk mengumumkan bahwa AirAsia adalah maskapai pertama dalam Grup AirAsia yang terdaftar di IOSA,” ungkapnya dalam siaran pers tertulis, Rabu (13/5).

Beberapa maskapai lain yang tergabung dalam Grup kami seperti AirAsia Malaysia, AirAsia Thailand, AirAsia Indonesia, AirAsia Filipina, AirAsia India, AirAsia X Thailand dan Indonesia AirAsia X saat ini tengah menjalani proses persiapan dan kami berkomitmen untuk mendaftarkan seluruh maskapai afiliasi kami ke dalam proses audit tersebut.”

Sementara itu, mengutip siaran pers tertulisnya, Datuk Kamarudin Meranun, Co-Founder dan Grup CEO AirAsia X mengatakan, “Keselamatan adalah nilai mutlak bagi AirAsia X. Keikutsertaan kami dalam audit IOSA ini adalah wujud komitmen tersebut. Kami sungguh senang memperoleh registrasi IOSA dan merupakan kebanggaan bagi kami bahwa AirAsia X telah beroperasi sesuai dengan standar yang paling ketat di industri penerbangan.”

Audit IOSA mencakup delapan fungsi dan area operasional AirAsia X Berhad seperti: sistem organisasi dan manajemen, operasional penerbangan, pengawasan operasi dan penerbangan, teknik dan pemeliharaan pesawat, operasional di dalam kabin, operasi ground handling, operasi kargo dan manajemen keamanan.

Pelaksana Tugas (Acting) CEO AirAsia X, Benyamin Ismail mengatakan, “Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi dari seluruh karyawan AirAsia lintas departemen yang telah bekerja tanpa lelah selama 2 tahun proses persiapan, peninjauan serta pengembangan proses operasional dan implementasi. Hasil audit ini tidak hanya membuat kami memenuhi standar yang telah ditetapkan, namun hasil audit ini membantu untuk memperkuat keselamatan dan efisiensi perusahaan.”

Program IATA Operational Safety Audit (IOSA) adalah sebuah sistem evaluasi yang diakui dan terakreditasi secara internasional guna mengakses dan menilai sistem manajemen operasi dan pengawasan dari suatu maskapai. (Fjn)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close