DomestikNewsRagam

Angkasa Pura 2 Kerjasama Pengembangan Bandara Wirasaba Jawa Tengah

 

infopenerbangan.com – PT Angkasa Pura II (Persero) bersama dengan sejumlah pihak menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) terkait pengelolaan dan pengembangan Bandara Wirasaba, Purbalingga, Jawa Tengah.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Purbalingga Tasdi, Kepala Staf TNI AU yang diwakili oleh Asisten Logistik Marsekal Muda TNI Yadi Husyadi, dan Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto di Hotel Bandara, Tangerang, Jumat (17/11).

MoU ini merupakan langkah awal bagi seluruh pihak dalam bekerjasama guna menghadirkan penerbangan sipil di Bandara Wirasaba sehingga mendukung perekonomian, perdagangan dan pariwisata serta memperluas konektivitas udara bagi masyarakat di Provinsi Jawa Tengah khususnya Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, melalui MoU ini maka para pihak melakukan pembahasan lebih detail terkait dengan pengelolaan dan pengembangan Bandara Wirasaba oleh AP II, dimana saat ini TNI merupakan Kuasa Pengguna Barang Milik Negara tersebut atau pemilik sebagai pemilik lahan eksisting.

“Lebih lanjut, AP II telah memiliki sejumlah rencana pengembangan guna memaksimalkan potensi yang dimiliki Bandara Wirasaba guna berperan dalam kemajuan Provinsi Jawa Tengah,” papar Awaluddin.

Sejumlah rencana yang diusulkan tersebut adalah pengembangan landas pacu atau runway dari eksisting 850 m x 50 m menjadi 2.000 m x 45 m dan pembangunan terminal penumpang pesawat seluas 2.000 m2, di mana hal ini untuk mengakomodir penerbangan Boeing 737 series atau Bombardier serta melayani sekitar 200.000 penumpang per tahun.

Perjanjian kerjasama tersebut menunjukan kepada masyarakat Banyumas Raya terkait pembangunan Bandara Wirasaba. Selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama disenditeal agar tahun 2018 sudah langsung berjalan.

” Sejak 2014 izin sudah keluar tapi belum tereksekusi, ide nya untuk menghidupkan bandara Jenderal Sudirman ini sejak 2006.saya sudah mendampingi sejak masih di dewan,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.  (Eky Fajrin)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close