DomestikHot NewsNews

AP I SIAPKAN LAYANAN REFUND AND RESCHEDULE DI BANDARA NGURAH RAI

ANGKASA PURA I SIAPKAN LAYANAN REFUND AND RESCHEDULE

Infopenerbangan,- Erupsi Gunung Agung di Bali membuat penerbangan di Bandara Ngurah Rai dibatalkan sementara waktu. Ini mengacu diterbitkannya A Notice to Airmen (Notam) A2551/18, terkait penutupan sementara operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali selama 16 jam pada Jumat, 29 Juni 2018 mulai pukul 03.00 sampai 19.00 WITA  sebagai dampak sebaran debu vulkanik erupsi Gunung Agung.

PT Angkasa Pura I (Persero), selaku operator Bandara Ngurah Rai melakukan persiapan untuk membantu maskapai penerbangan memberi pelayanan bagi masyarakat yang ingin melakukan reschedule, atau me-refund penerbangan sebagai imbas dari Erupsi Gunung Agung.

“Kami sudah menyiapkan tempat. Prosesnya sih ke teman-teman (maskapai penerbangan) mulai refund, reschedule penumpang.” Kata  Awaluddin selaku Corporate Communication Department Head Angkasa Pura I.

PELAYANAN BAGI YANG INGIN MENUNDA ATAU MEMBATALKAN PENERBANGAN

Awaluddin pun menambahkan, selain lokasi, pihaknya turut meminta Damri bersiap melayani penumpang yang ingin memindahkan penerbangan ke bandara lain atau yang memutuskan menunda penerbangan.

Awaluddin pun menilai, pelayanan bagi masyarakat yang ingin menunda atau membatalkan penerbangan tetap dilakukan meski kondisi erupsi Gunung Agung sudah mulai berkurang. Ia juga berharap bila kondisi erupsi Gunung Agung menurun maka penerbangan di Bandara Ngurah Rai bisa dibuka kembali.

AP I SIAPKAN LAYANAN REFUND AND RESCHEDULE DI BANDARA NGURAH RAI
Sumber : liputan6.com (Dok.AP I)

“Penutupan bandara oleh Direktorat Navigasi Penerbangan berdasarkan evaluasi laporan pilot yang melaporkan keberadaan volcanic di ruang udara pada ketinggian 15.000 – 23.000 kaki di atas permukaan laut (AMSL).” Kata Israwadi selaku  Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero), seperti yang dikutip dari laman liputan6.com, Jumat (29/6).

Selain itu Israwadi pun mengatakan, data RGB Citra Satelit cuaca Himawari pukul 01.00 WITA menunjukkan pergerakan arah angin dengan kecenderungan ke arah barat dan barat daya. Berdasarkan model trayektori BMKG itu, diprediksi abu vulkanik Gunung Agung akan memasuki ruang udara (airspace) bandara pada pagi hari.

“Seperti diketahui bersama, debu vulkanik berpotensi mempengaruhi keselamatan operasional penerbangan, sehingga penutupan bandara tidak dapat dihindari,” ucap dia.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak maskapai untuk menyediakan pusat informasi pelayanan refund dan reschedule tiket untuk penumpang yang sudah melakukan pemesanan tiket,” ucap Israwadi.

Tak hanya itu, dua bandara di Jawa Timur, yaitu Bandara Blimbing Sari di Banyuwangi dan Bandara Notohadinegoro Jember ditutup akibat sebaran debu vulkanik erupsi Gunung Agung di Karangasem, Bali, Jumat (29/6/2018).

“Selain Bandara Ngurah Rai, Denpasar, informasinya dua bandara di Jawa Timur ditutup estimasi sampai pukul 17.00 WIB.” kata Kepala Humas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Hary T Djatmiko seperti dikutip dari Antara, Jumat (29/6).

(*/TZ)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker