HighlightHot NewsInternasional

Bahan Bakar Alternatif Ini dipakai Oleh Maskapai Alaska Airlines

Infopenerbangan.com, -Maskapai Alaska Airlines menjadi maskapai penerbangan komersial pertama di dunia yang menggunakan bahan bakar alternatif yang terbuat dari limbah hutan.

Alaska Airlines merupakan maskapai penerbangan asal AS, dengan ini menjadi pionir dalam penggunaan bahan bakar terbaru yang terbuat dari batang dan cabang pohon yang ditinggalkan setelah proses panen di hutan yang dikelola.

Mengutip Kompas.com, Jumat (18/11/2016) penerbangan perdana pesawat berbahan bakar limbah hutan tersebut dilakukan pada Senin (14/11/2016) lalu dari Seattle-Tacoma International Airport dan Reagan National Airport menuju Washington DC.

Menurut pihak Alaska Airlines, pesawat tersebut menggunakan 20 persen bahan bakar aviasi terbaru. Bahan bakar tersebut dikembangkan oleh Northwest Advanced Renewables Alliance (NARA) yang dipimpin oleh para peneliti dari Washington State University.

Menurut SVP Communications and External Relations Alaska Airlines Joe Sprague, penggunaan avtur dari limbah hutan adalah langkah penting dalam upaya Alaska Airlines dalam mempromosikan bahan bakar bio yang berkelanjutan.

Pihak Alaska Airlines menyatakan jika seluruh armadanya berganti 20 persen dari total pasokan bahan bakar di Seattle-Tacoma, maka emisi rumah kaca akan terpangkas setidaknya 142.000 metrik ton karbon dioksida.

Ini setara dengan menghilangkan 30.000 kendaraan penumpang dari jalan raya selama setahun penuh. (*/eq)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close