Hot NewsInternasionalNews

Biarkan Anak 10 Tahun Ambil Kendali Pesawat, Dua Pilot Aljazair “Dirumahkan”

Infopenerbangan,- Seorang anak lelaki berusia 10 tahun berhasil membuat Otoritas Aeronautika Aljazair terperangah dengan aksinya dalam sebuah video dokumenter yang beredar. Pasalnya, anak tersebut memegang kontrol pesawat selama dalam penerbangan. Sang Pilot yang memberikan kendali pesawat penuh kepada anak tersebut dinilai telah melanggar peraturan penerbangan sipil.

Pesawat Aerospatiale-Alenia tipe ATR72-600 dengan nomor regristrasi 7T-VUT, yang dioperasikan dari Bandara Internasional Algiers Houari Boumediene menuju Bandara Regional Setif (Aljazair) dengan sejumlah penumpang yang berada di dalam pesawat tersebut, terbang dengan pesawat yang diawaki oleh seorang anak berusia 10 tahun dan berpakaian layaknya seorang kapten.

Dalam video tersebut, sang Pilot menunjukkan kepadanya berbagai bagian pesawat, menjelaskan cara operasi kokpit yang semuanya difilmkan oleh tim dari sebuah televisi Aljazair. Namun, bagian yang paling mengejutkan Otoritas Penerbangan adalah sebuah pemandangan  di mana pesawat dengan nomor penerbangan AH6212 tersebut terlihat sedang terbang dan seorang anak yang memanipulasi kontrol dan memutar pesawat tertangkap sangat jelas pada kamera.

Tidak diketahui apa alasan sang Pilot untuk membiarkan anak tersebut duduk di kursinya dan membiarkan ia memegang kontrol pesawat dalam penerbangan yang terdapat penumpang.  Namun, begitu film ditayangkan, kedua pilot tersebut “dirumahkan” oleh perusahaan maskapai sembari melakukan investigasi untuk menentukan tanggung jawab masing-masing individu dalam pelanggaran keamanan yang tergolong serius ini. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close