Hot NewsInternasional

BOEING 737 MAX 9 DILARANG TERBANG SEMENTARA, ALASKA AIRLINES BATALKAN RATUSAN PENERBANGAN

InfoPenerbangan,- Alaska Airlines membatalkan 170 penerbangan pada Minggu (7/1) dan 60 penerbangan lainnya pada Senin (8/1) setelah US Federal Aviation (FAA) memerintahkan larangan terbang terhadap 171 pesawat Boeing 737 MAX 9 untuk menjalankan inspeksi. 

Hal tersebut dilakukan setelah adanya insiden lepasnya jendela pesawat tersebut saat sedang dioperasikan Alaska Airlines.

Mengutip Reuters, Senin (8/1), maskapai ini mengatakan pembatalan akan terus berlanjut hingga paruh pertama minggu ini. Pembatalan pada hari Minggu berdampak pada hampir 25.000 penumpang, tambah maskapai yang berbasis di Seattle, yang memiliki 65 pesawat 737 MAX 9 di armadanya.

FAA pada hari Sabtu memerintahkan penghentian sementara 171 pesawat Boeing yang dipasang dengan panel yang sama setelah pesawat milik Alaska Airlines yang berusia delapan minggu terpaksa melakukan pendaratan darurat dengan celah di badan pesawat. 

Alaska Airlines terbang dari Portland, Oregon menuju Ontario, California, AS pada pukul 17.07 waktu setempat pada Ahad (7/1/2024). Bagian belakang pesawat meledak saat tiba di ketinggian sekitar 4.876 mdpl setelah terbang selama 20 menit.

Ledakan tersebut membuat jendela di pintu keluar darurat terlepas. Insiden tersebut membuat maskapai menghentikan penerbangan lalu kembali ke Bandara Internasional Portland sekitar pukul 17.27 waktu setempat. Sejumlah penumpang mengalami luka-luka.

FAA menegaskan, Boeing 737 Max 9 yang dilengkapi dengan steker pengganti pintu khusus tidak dapat terbang sampai diperiksa dan diperbaiki jika diperlukan.

“Mereka akan tetap dilarang terbang sampai FAA yakin bahwa mereka aman,” kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close