Uncategorized

BOEING AMBIL ALIH SAHAM EMBRAER

infopenerbangan,- Boeing Co mengambil alih saham pembuat unit pesawat penumpang milik negara Brasil yaitu Embraer SA dan mengubah namanya menjadi Boeing Brasil – Commercial sehingga menjadikannya sebagai nama perusahaan paling ikonik di Brasil.

Perubahan nama ini terjadi setelah Boeing setuju untuk membayar sebesar $ 4,2 miliar untuk membeli 80% dari operasi Embraer yang memproduksi jet penumpang kurang dari 150 kursi. Disebutkan Embraer akan mempertahankan sebanyak 20% sahamnya. Divisi itu masih merupakan yang paling menguntungkan bagi Embraer dan dianggap sebagai standar emas teknik Brasil.

Nama perusahaan baru menggarisbawahi penataan kembali industri kedirgantaraan global di mana dua produsen dominan – Boeing dan Airbus SE – memperkuat duopoli mereka di pasar jet sebesar $ 150 miliar.

Setelah Airbus SE mengambil alih saham pengendali di divisi CSeries dari Bombardier Inc, yang bersaing langsung dengan jet komersial Embraer, Airbus mengubah citra pesawat Airbus A220, sejalan dengan branding pesawat Airbus lainnya.

Pengambilalihan ini secara efektif menghentikan ambisi kedirgantaraan antara Kanada dan Brasil dan meninggalkan Cina sebagai ancaman utama bagi duopoli transatlantik, dengan Rusia dan Jepang membuat terobosan lebih lambat, kata para analis.

Nama Embraer memiliki makna khusus di Brasil, membangkitkan pendiriannya pada tahun 1969 sebagai perusahaan milik negara yang tumbuh menjadi juara nasional dan diprivatisasi pada tahun 1994. Embraer adalah kependekan dari Empresa Brasileira de Aeronáutica atau Perusahaan Aeronautika Brasil.

Setelah kesepakatan dengan Boeing, Embraer akan tetap ada sebagai perusahaan yang fokus pada jet eksekutif dan pertahanan. Kesepakatan dengan Boeing telah disetujui oleh pemegang saham tetapi masih menunggu persetujuan peraturan. (*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close