Uncategorized

BOEING GANTI KEPALA DIVISI PESAWAT KOMERSIAL DITENGAH KRISIS MAX

Infopenerbangan – Boeing mengganti kepala divisi pesawat komersialnya pada hari Selasa lalu, pergantian eksekutif yang paling signifikan sejak 737 MAX harus di grounded sehingga membuat perusahaan jatuh ke dalam krisis pada tujuh bulan lalu.

“Kevin McAllister, kepala Boeing Commercial Airplanes (BCA), akan segera meninggalkan perusahaan secara efektif,” kata Boeing pada malam menjelang pengumuman laba triwulanan utama.

McAllister akan digantikan oleh Stan Deal, yang telah menjadi kepala Boeing Global Services.

Pengumuman itu muncul ketika krisis MAX tampaknya semakin mendalam menyusul pengungkapan pesan teks pekan lalu antara dua pilot Boeing pada tahun 2016 yang menyarankan perusahaan menyadari masalah dengan sistem penanganan penerbangan yang telah dipersalahkan atas kedua kecelakaan tersebut.

Pesawat terlaris tersebut telah diterbangkan sejak pertengahan Maret setelah dua kecelakaan fatal terjadi sehingga menewaskan 346 orang. Upaya untuk memenangkan persetujuan regulator untuk menerbangkan kembali pesawat berjalan jauh lebih lama dari yang diperkirakan.

“Seluruh tim Boeing kami berfokus pada keunggulan operasional, selaras dengan nilai-nilai keselamatan, kualitas dan integritas kami dan kami berkomitmen untuk mewujudkan komitmen kami dan mendapatkan kembali kepercayaan dengan para regulator, pelanggan, dan pemangku kepentingan kami lainnya,” kata Chief Executive Dennis Muilenburg dalam sebuah pernyataan. Muilenburg dicopot dari gelarnya sebagai ketua awal bulan ini tetapi tetap sebagai CEO dan anggota dewan.

McAllister bergabung dengan Boeing pada November 2016 setelah memimpin divisi penerbangan General Electric dan merupakan tokoh paling senior yang keluar dari Boeing setelah krisis terjadi.

MAX pertama kali diumumkan oleh Boeing pada 2011, jauh sebelum kedatangan McAllister, dan disertifikasi oleh FAA pada Maret 2017.

Richard Aboulafia, seorang wakil presiden di Teal Group, mengatakan McCallister telah menjaga profil terlalu rendah selama masa krisis.

“Dia sama sekali tidak di depan umum pada saat mereka tampaknya membutuhkan seseorang di depan umum di BCA,” kata Aboulafia kepada AFP. “Saya tidak melihat bahwa (McAllister) ada hubungannya dengan pengembangan MAX.”

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close