Hot News

GUNA MENDONGKRAK WISMAN BUTUH HARGA TIKET PESAWAT YANG TERJANGKAU

Infopenerbangan – Sektor pariwisata merupakan faktor penting penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB), sehingga pemerintah harus memberikan perhatian khusus untuk mengembangkan program kerja di bidang pariwisata seperti pengembangan destinasi pariwisata, pengembangan pemasaran pariwisata, pembangunan industri pariwisata berbasis SDM serta pelibatan seluruh lembaga terkait, sehingga sasaran keberhasilan pembangunan pariwisata dapat tercapai.

Indonesia memiliki potensi wisata yang besar untuk dikembangkan menjadi destinasi pariwisata tingkat dunia. Keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia pada dasarnya tidak kalah dibandingkan dengan negara lain.

Peningkatan kunjungan wisata disamping dari wisatawan mancanegara, ternyata wisatawan nusantara juga terus mengalami peningkatan. Fakta yang cukup mengagetkan adalah jumlah wisatawan nusantara (wisnus) ternyata angkanya cukup fantastis yaitu 19 kalinya jumlah wisman. Meski secara nilai pendapatan hanya 1,3 kalinya, namun jika digarap secara serius akan mampu menambah pundi-pundi pendapatan negara.

Oleh karena itu, jika Indonesia fokus pada pengembangan sektor pariwisata sebagai salah satu strategi dalam pembangunan, bukan tidak mungkin akan mampu mendongkrak perekonomian nasional, sekaligus menjadi mesin pencetak lapangan kerja baru. Berdasarkan data statistik sepanjang 5 tahun, rata-rata prosentase wisman menurut moda transportasi, angkutan udara sebesar 70 persen, Laut 22 persen dan Darat 8 persen. Artinya pesawat udara merupakan moda transportasi utama kedatangan wisman ke Indonesia.

Sesuai lansiran tempo.co, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama saat berbincang dengan wartawan di Jakarta, Selasa (5/11/2019), mengakui sering menerima kritikan melalui media soal mahalnya harga tiket pesawat yang saat ini masih belum menemui titik terang. Menurut dia, harga tiket pesawat yang terjangkau memang penting untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

Untuk itu Wishnutama telah bertemu dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Tohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi guna membahas berbagai solusi yang mungkin diambil untuk menurunkan harga tiket pesawat. Kalau sudah begini, tentunya peran operator atau maskapai penerbangan sangat diharapkan untuk menurunkan tarif tiket pesawatnya. Bagaimana siap! (*)

Penulis: Galih Raden/Trend Aviation

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close