Internasional

JAPANESE AIR FORCE ONE PESAWAT KEPRESIDENAN JEPANG DIJUAL

Infopenerbangan.com – Jepang mengumumkan akan menjual pesawat VIP kepresidenannya. Melansir dari CNN, Sabtu (17/8/2019), pesawat yang ditawarkan secara online tersebut adalah Japanese Air Force One produksi Boeing berjenis B747-400.

Sebagai informasi Japanese Air Force One telah menerbangkan 14 Perdana Menteri Jepang dan Kaisar Jepang ke seluruh dunia. Pesawat ini dibangun pada tahun 1991, dan didaftarkan oleh Pasukan Bela Diri Jepang atau Japanese Air Self Defense Forces.


Demi kenyamanan, kabin pesawat Japanese Air Force One itu telah dimodifikasi. Kabin mencakup area kamar tidur, kamar mandi, ruang kerja dan lounge. Pesawat ini memiliki jumlah kursi yang cukup banyak, 85 buah. Sebagai perbandingan, US Air Force One hanya memiliki kursi sebanyak 70 buah.

Selain ruang tamu yang mewah, dari foto-foto menunjukkan adanya cabin first class dan coach class. Pesawat itu juga memiliki ‘secretary cabin’ yang lebih kecil, yang disediakan untuk para pelayan ketika melayani keluarga Kekaisaran dan sekretaris saat mengangkut Perdana Menteri.

Pesawat B747-400 Japanese Air Force One ini ditawarkan seharga Rp 398,8 M atau sebesar US$  28 juta. Harga tersebut sebanding dengan keadaan kabin Japanese Air Force One yang terlihat seperti keluaran baru.

Meski sudah 28 tahun dipakai, pesawat ini hanya memiliki 16.332 jam terbang. Ini termasuk jam terbang terendah Boeing 747-400 di dunia. (*)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close