NewsRagam

Merpati Mulai Cari Investor Agar Bisa Kembali Mengudara

Infopenerbangan.com, -Agar PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) bisa terbang lagi, pemerintah akan membantu mencari investor. Kementerian BUMN bakal membuka penawaran setelah Komite Tim Privatisasi selesai membahasnya dengan DPR.

“Kita buka seluas-luasnya. Kriteria nanti kita tetapkan, intinya sekarang kita butuh investor yang mau ambil alih. Jadi utang-utang kita coba ringankan,” ungkap Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian BUMN, Aloysius K. To

Meski sulit menarik investor yang berminat mengambil alih MNA yang notabene perusahaan sekarat, Aloysius mengatakan, pertumbuhan maskapai penerbangan domestik jadi alasan MNA masih jadi incaran investor.

Apalagi, lanjutnya, beberapa asetnya masih bernilai ekonomis seperti Merpati Maintenance Facility (MMF), dan Merpati Training Centre (MTC).

“Memang sulit cari investor ke maskapai, apalagi buat maskapai yang lagi terpuruk. Tapi saya dengar ada airlines lain yang 600-700 rute belum bisa terisi. Artinya¬†market¬†maskapai ini masih sangat luas, kemudian aset-asetnya masih bernilai,” terang Aloysius, Selasa (6/9).

Selain itu, jalan privatisasi dipilih Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), agar PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) bisa terbang lagi. Targetnya, jika proses privatisasi beres, maskapai perintis tersebut bisa kembali beroperasi pada 2017 mendatang.

“Itu (privatisasi) saham pemerintah bisa terdilusi sampai 95%. Tak apa, asal Merpati bisa hidup lagi. Sekarang prosesnya sedang cari investor, yang karyawan di-PHK sudah selesai, tapi masih ada beberapa utangnya,” ujar Aloysius dikutip dari detik. (*/eq)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close