Ragam

PENTING UNTUK DIPERHATIKAN BAGI PENDERITA GASTRITIS

TIPS BAGI PENDERITA GASTRITIS

Infopenerbangan,- GASTRITIS adalah peradangan pada dinding lambung. Apa yang perlu Anda lakukan jika Anda menderita penyakit ini? Yang pasti, penyakit ini dapat dihilangkan dengan cara pengaturan menu makanan yang menekankan kepada jenis makanan tertentu dan menghindari jenis makanan lainnya.

Bakteri helicobacter pylori merupakan penyebab umum yang paling sering pada penyakit gastritis. Memakan jenis makanan tertentu dapat membantu pencegahan perkembangbiakan lanjutan dari bakteri tersebut. Berikut jenis makanan yang dapat membantu mengurangi peradangan yang seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut.

Serat

Menu makanan tinggi serat dapat membantu mengurangi risiko timbulnya tukak yang dapat timbul dari gastritis kronis dan melukai dinding lambung. Serat mudah larut – semisal gandum, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayur-mayur memiliki efek menguntungkan dan mengurangi risiko tukak secara signifikan.

 Flavonoid

Flavonoid merupakan komponen antioksidan yang terdapat dalam makanan seperti buah beri, seledri, bawang dan teh. Mengonsumsi makanan tersebut dapat menghentikan perkembangbiakan bakteri helicobacter pylori.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2003 menyebutkan bahwa suplementasi makanan dengan flavonoid pada penderita gastritis memiliki efek menguntungkan terhadap lapisan dalam dinding lambung. Sebagai tambahan, sebagian besar jenis makanan yang mengandung flavonoid juga mengandung tinggi serat seperti buah-buahan dan sayur-mayur.

Makanan Tinggi Lemak

Jika Anda menderita gastritis, sebaiknya hindari makanan tinggi lemak sebagaimana sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tinggi lemak menyebabkan proses peradangan pada dinding lambung menjadi lebih berat.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada April 2001 menyimpulkan bahwa hewan percobaan yang diberikan makanan tinggi lemak-kolesterol seringkali mengalami gastritis walaupun tidak terinfeksi bakteri helicobacter pylori. Jenis makanan yang harus dihindari adalah susu kaya lemak, daging merah, dan gorengan.

Alkohol dan Minuman Karbonisasi

Minuman berkarbonisasi seperti minuman soda, kopi dan jus buah yang mengandung asam sitrat memiliki efek iritasi terhadap dinding lambung yang dapat menyebabkan proses peradangan menjadi semakin berat.

Mengonsumsi alkohol juga dapat menimbulkan peradangan, sehingga harus dihindari bagi penderita gastritis. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada Desember 2000, alkohol membantu proses perkembangan gastritis pada tahap awal. Namun tidak ditemukan bukti bahwa alkohol dapat menyebabkan tukak.

(oleh Dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira Pelupessy, OHP, AME/AVIASI)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker