Hot NewsInternasionalNews

Pesawat Komersial Nyaris Take Off di Taxiway

Infopenerbangan,- Sebuah bencana hampir saja terjadi di bandara Nice Côte d’Azur ketika seorang pilot salah menanggap jalur taxiway sebagai runway setelah pesawat komersial tersebut telah diijinkan untuk take-off.

Petugas ATC menyadari Pilot tersebut salah mengambil jalur ketika pesawat tersebut telah berjalan sejauh 1 kilometer dengan kecepatan 170kph. Ia yang menyadari kesalahan tersebut langsung meminta pilot untuk membatalkan take off dan langsung mengarahkan ke jalur yang benar.

Kemudian pesawat Embraer 190, yang dapat menampung hingga 100 penumpang tersebut take off di jalur runway yang tepat dan kemudian mendarat di Lisbon tanpa insiden, seperti dilansir dari connexionfrance.

Biro penyelidikan milik Perancis telah melakukan penyelidikan terkait peristiwa yang tergolong ‘serius’ tapi ‘sangat langka’ tersebut. Disebutkan jalur taxiway bandara Nice tersebut dahulu merupakan bekas landasan pacu oleh sebab itu ukurannya jauh lebih luas dari pada ukuran standar taxiway biasanya. Namun jalur tersebut telah diberi tanda dan juga lampu sebagai pertanda bahwa jalur tersebut tidak digunakan untuk pesawat melakukan lepas landas atau pendaratan. (*/NP)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close