HighlightHot NewsInternasional

Selamatkan 439 Orang, Pilot Diberi Rp5,7 M

Infopenerbangan.com, -Pesawat Airbus A320 yang hendak lepas landas dari bandara di Shanghai pada bulan lalu nyaris bertabrakan dengan pesawat Airbus A330 di sepanjang jalan landasan pacu. Namun, pilot bermama He Chao, memilih untuk mempercepat laju terbang di atas pesawat lain guna mengindari tabrakan.

picsart_11-12-01-46-21
Ilustrasi airbus A320 dan airbus A330

Seorang pilot heroik asal China diberi hadiah uang 3 juta yuan atau sekitar Rp5,7 miliar oleh maskapai Eastern Airlines, hari Kamis. Hadiah itu diberikan karena aksinya menyelamatkan 439 orang dari pesawat yang nyaris tabrakan di Shanghai bulan lalu.

Kedua pesawat yang hampir tabrakan itu hanya berjarak 19 meter (62 kaki). Peristiwa menegangkan itu terjadi di landasan pacu 36L di Bandar Udara Internasional Hongqiao Shanghai sekitar pukul 12.04 pada 11 Oktober 2016.

Ketika pesawat dengan nomor penerbangan MU-5643 yang dipiloti Chao hendak lepas landas, pesawat lain dengan nomor penerbangan MU-5106 yang baru mendarat, meluncur mendekat.

Maskapai Eastern Airlines menyatakan bonus itu diberikan dalam bentuk uang tunai. Selain pilot, para awak kabin juga diberi hadiah sebesar 600 ribu yuan. Menurut laporan People Daily, total ada 413 penumpang dan 26 awak dari dua pesawat yang hampir tabrakan pada bulan lalu.

Sebuah penyelidikan dari CAAC, menemukan bahwa petugas kontrol lalu lintas udara bersalah atas kejadian itu. Menurut CAAC,  petugas pusat kontrol dan anggota awak pesawat Airbus 330 gagal mempertahankan komunikasi yang baik. (*/Rf)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close