News

SUDAH CHECK-IN TAPI TAK DAPAT KURSI, GARUDA INDONESIA BUKA SUARA

Infopenerbangan,- Baru-baru ini viral video penumpang maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengeluh sudah check-in namun tidak mendapatkan kursi. 

Akun Tiktok @alittsusanto pengunggah menceritakan pengalaman kurang mengenakkan saat akan terbang bersama maskapai kebanggan Indonesia ini, Sabtu (18/6). 

Menurut pengunggah, dirinya dan manager sudah melakukan check-in secara online, bahkan telah memegang boarding pass. 

Namun, saat akan memasuki pesawat, petugas mengatakan bahwa data check-in online tidak masuk, sehingga dianggap belum melakukan proses check-in.

“Gara-gara pergantian pesawat, mereka yang mengubah tipe pesawat untuk flight ini. Ujung-ujungnya adalah kita nggak kebagian seat,” narasi dalam video. 

Hingga Senin (19/6) siang, video tersebut sudah lebih dari 237.000 tayangan, 8.000 suka, dan lebih dari 300 komentar dari pengguna Tik Tok. 

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi, serta mengambil corrective action yang diperlukan terhadap keluhan yang disampaikan @alittsusanto.

Irfan mengungkapkan penerbangan GA-408 dengan rute Jakarta-Denpasar terjadwalkan berangkat pada pukul 11.40 WIB dan tiba di Denpasar pada pukul 14.35 WITA pada 16 Juni 2023. Penerbangan itu menggunakan pesawat Airbus A330-300, dengan kapasitas 24 penumpang Business Class dan 263 penumpang Economy Class

“Sehubungan dengan proses perawatan menyeluruh yang tengah dilaksanakan terhadap salah satu pesawat Garuda yang berimplikasi kepada rotasi dan assignment pesawat, hal tersebut kemudian berdampak kepada beberapa penerbangan Garuda, termasuk penerbangan GA-408 yang memerlukan tindak lanjut pergantian pesawat,” kata Irfan melalui keterangan tertulis, Minggu (18/6).

“Adapun pesawat pengganti yang dipersiapkan memiliki seat configuration yang berbeda, yaitu 36 kursi Business Class dan 215 kursi Economy Class,” tambahnya.

Irfan menjelaskan hal itu membuat terdapat penyesuaian isian penumpang dengan memperhatikan kapasitas pesawat pengganti. Ia memastikan ke sejumlah penumpang yang terdampak atas pergantian tersebut diterapkan service recovery sesuai ketentuan yang berlaku, termasuk menyiapkan penerbangan pengganti.

“Atas keluhan yang disampaikan penumpang pada video TikTok tersebut, petugas kami di bandara juga telah menindaklanjuti keluhan dimaksud, di mana penumpang  tersebut telah dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan penerbangan yang sama,” tambahnya.

Garuda Indonesia meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami seluruh penumpang terdampak pada penyesuaian rotasi pesawat tersebut. Irfan menegaskan hal itu tentu menjadi catatan penting bagi upaya perbaikan dan peningkatan layanan penumpang ke depannya.”Garuda Indonesia berkomitmen untuk selalu mengedepankan kepentingan pengguna jasa dalam mengambil langkah dan atau kebijakan yang diperlukan untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang seamless, termasuk dengan melakukan corrective actions untuk menghindari terjadinya hal-hal yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna jasa,” tutur Irfan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close