Ragam

TIPS UNTUK KAMU YANG BARU PERTAMA KALI NAIK PESAWAT

InfoPenerbangan,-  Bepergian dengan menggunakan pesawat merupakan cara yang efisien. Pesawat dipilih sebagian masyarakat karena dianggap transportasi yang waktu tempuh perjalanannya lebih singkat dibanding lewat darat dan laut.

Ada beberapa calon penumpang pemula yang masih bingung perihal tata cara naik pesawat. Biasanya mereka akan berputar-putar di bandara dan berakhir dengan kebingungan.

Padahal, ada petugas bandara yang siap membantu kesulitan Anda.

Nah, sebelum Anda naik pesawat, ada baiknya membekali diri dengan informasi yang dibutuhkan terkait tata cara naik pesawat serta penerbangan Anda pada umumnya.

1. Tiba di Bandara sebelum 2 jam keberangkatan

Sebaiknya kamu tiba di bandara dua jam sebelum waktu keberangkatan pesawat yang tertera dalam tiket. Hal itu agar tidak mepet dan ketinggalan pesawat.

Waktu yang ada sebelum terbang akan dipakai untuk melakukan beberapa prosedur penerbangan seperti pemeriksaan keamanan dan tas bawaan kamu, check in, hingga boarding. Kegiatan-kegiatan wajib itu cukup memakan waktu, apalagi jika harus mengantre.

Itu kenapa kamu mesti tiba lebih awal di bandara. Belum lagi jika kamu harus mencari terminal keberangkatan maskapai tertentu yang tentu butuh waktu. Datang lebih awal juga mencegah kamu terburu-buru saat menjalani prosedur di bandara.

2. Pemeriksaan Keamanan dan Bawaan

Sesampainya di bandara, Anda akan melewati pemeriksaan security atau keamanan terlebih dahulu sebelum masuk ke terminal keberangkatan.

Pada tahapan ini, beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah:

  • Dokumen perjalanan berupa tiket sesuai tanggal keberangkatan dan kartu identitas.
  • Petugas keamanan bandara akan mengarahkan kita untuk meletakkan barang-barang di mesin x-ray. Demi kelancaran proses pemeriksaan, lepas semua aksesori berbahan logam, seperti telepon genggam, perhiasan, kunci, dan lainnya, lalu masukkan ke dalam tas.
  • Melewati Walk Through Metal Detector (WTMD). Jika diperlukan, petugas akan memeriksa barang bawaan secara manual.

3. Check in

Setibanya sampai bandara, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan check-in. Proses ini dapat dilakukan secara online maupun offline.

Proses check-in secara online dapat dilakukan tanpa harus datang ke bandara. Melalui smartphone pun bisa. 

Namun kalau Anda akan meletakkan barang bawaan ke dalam bagasi, Anda tetap harus check-in di tempat yang sudah ditentukan untuk proses penimbangan dan mendaftarkan barang bagasi.

Ketika check in kamu akan diminta memperlihatkan tiket atau print out tiket elektronik dan juga kartu identitas seperti KTP atau paspor untuk yang terbang ke luar negeri.

Barang yang kamu bawa akan ditimbang sebelum masuk bagasi. Anda juga harus siap membayar bila bawaan kamu melebihi kuota. Setelah check in Anda akan mendapat boarding pass sebagai tanda masuk ke pesawat dan nomor tempat duduk di pesawat.

4. Pemeriksaan kedua

Setelah check-in dan sebelum memasuki ruang tunggu keberangkatan, penumpang akan kembali melalui pemeriksaan keamanan. Diwajibkan melepaskan barang-barang seperti ikat pinggang, jam tangan, topi, jaket, kunci, koin, serta mengosongkan seluruh isi kantong celana dan baju. 

Perhatikan gate atau lokasi keberangkatan yang tertera pada Boarding Pass. Kemudian, segeralah menuju ruang tunggu keberangkatan dekat gate tersebut.

5. Menunggu di ruang tunggu keberangkatan

Datang lebih awal ke bandara membuat kita punya waktu lebih lama untuk menjalani semua proses ini dan tidak terburu-buru.

Sebab, pada periode ramai, kita mungkin perlu mengantre dengan durasi cukup panjang. Selama di ruang tunggu, pastikan selalu memerhatikan pengumuman dari pihak bandara agar tidak tertinggal pesawat.

Jika waktu terbang sudah tiba dan bandara mengumumkan bahwa gate penerbangan kita sudah dibuka, segeralah mengantre. Pada tahap ini, petugas maskapai akan memindahkan (scan) Boarding Pass sekaligus memeriksa kecocokan kartu identitas.

Pastikan mengetahui nomor kursi dan selalu mengikuti instruksi petugas maskapai agar tertib dan teratur.

Anda bisa melihat nomor sesuai tempat duduk di bagian atas.

Kalau Anda masih kebingungan, nanti ada pramugara/pramugari yang membantumu mencari kursi pesawat Anda.

6. Cermati prosedur keamanan penerbangan

Sebelum lepas landas, pramugari akan menjelaskan prosedur keamanan penerbangan, mulai menggunakan sabuk pengaman yang benar, mengenakan pelampung, mengetahui letak pintu darurat dan cara menggunakan masker. Cermati dan perhatikan penjelasan dari pramugari-pramugari tersebut.

Pastikan untuk menaati aturan yang telah ditetapkan oleh maskapai. Apabila menemukan salah seorang penumpang melakukan kesalahan, jangan ragu untuk menegur atau melaporkan pada awak kabin.

7. Mengambil barang di bagasi

Setelah sampai di tempat tujuan, jangan terburu-buru untuk meninggalkan bandara. Ambil barang Anda di bagasi sesuai nomor penerbangan. Ingat dan cek kembali barang apa saja yang Anda titipkan di bagasi.

Caranya, cek kembali nomor bagasi yang diberikan saat check in, berupa stiker berisi nomor yang biasanya di tempelkan ke boarding pass milik Anda. Pastikan tak ada barang yang tertinggal atau tertukar dengan penumpang lain.

Nah, itulah tata cara naik pesawat yang perlu diperhatikan. Selamat terbang.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close