Ragam

TOILET BANDARA SOETTA JADI SALAH SATU YANG TERBAIK DI ASEAN

InfoPenerbangan,- Toilet di Bandar Udara Soekarno-Hatta (Banten) dinilai sebagai salah satu yang terbaik di ASEAN.

Pada ASEAN Tourism Awards 2023 yang digelar pada 5 Februari 2023 di Yogyakarta, Bandara Soekarno-Hatta, menerima penghargaan untuk kategori 2nd ASEAN Public Toilet Award. 

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan penghargaan regional ini sebagai bentuk apresiasi atas fasilitas dan layanan terbaik yang diberikan kepada seluruh traveler di Bandara Soetta.

Fasilitas dan layanan di Bandara Soekarno-Hatta kembali mendapat penghargaan di tingkat regional, kali ini adalah The 2nd ASEAN Public Toilet Award.

“Penghargaan ini sebagai apresiasi terhadap Bandara Soekarno-Hatta yang telah memastikan implementasi standar ASEAN untuk toilet yang berkualitas, nyamanan, aman dan dengan pengelolaan yang baik sehingga juga dapat mendukung sektor pariwisata,” jelas Awaluddin, Jumat (10/2/2023).

Melalui pelayanan terbaik di bandara, didukung berbagai fasilitas seperti toilet yang higienis, bersih dan nyaman, diharapkan AP II dapat turut mendukung pertumbuhan pariwisata nasional.

“AP II sebagai anggota holding dari InJourney yang dibentuk Kementerian BUMN untuk mendorong pertumbuhan pariwisata nasional, berupaya untuk turut mewujudkan terciptanya ekosistem pariwisata yang baik bagi seluruh stakeholder termasuk wisatawan,” ujar Awaluddin.

Adapun penghargaan ASEAN Public Toilet Award ini diberikan bagi toilet publik yang memenuhi 4 kriteria standar, yaitu: Desain dan Sistem Manajemen Lingkungan, Amenities dan Fasilitas, Kebersihan, dan Keamanan.

“Toilet publik di bandara bukan sekedar pendukung perjalanan traveler, namun telah menjadi fasilitas penting, krusial dan esensial untuk pelayanan dan kesehatan. Aspek higienis dan sanitasi di bandara selalu menjadi fokus bagi AP II,” jelas Awaluddin.

Adapun pada 2022, toilet di Bandara Soekarno-Hatta juga telah dinilai dan diaudit oleh Asosiasi Toilet Indonesia (ATI).

Hasilnya, toilet di Terminal 3 mendapat kategori Bintang 4 Gold, lalu toilet di Terminal 1 dan Terminal 2 mendapat kategori Bintang 4 Silver.

Kategori Bintang 4 Gold merupakan yang tertinggi, dan ini mencerminkan fasilitas pada semua area toilet, nursery dan janitor sudah lengkap dan berfungsi baik, perlengkapan (amenities) bagi pengguna sesuai standar, kebersihan yang baik pada semua area, petugas sesuai grooming dan memahami tugas serta penggunaan alat, toilet memiliki estetika desain yang baik, toilet memiliki fasilitas ramah lingkungan, dan pengguna menyampaikan kepuasan tinggi dalam menggunakan toilet.

Adapun jumlah toilet di Terminal 3 Bandara Soetta total sebanyak 132 unit yang ada di area domestik dan internasional, terdiri dari 66 unit toilet pria dan 66 unit toilet wanita.

Executive General Manager Bandara Soetta Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, manajemen toilet di Bandara Soekarno-Hatta mencakup pelayanan, aspek kebersihan dan aspek higienis, dilakukan 24 jam setiap harinya.

“Kami memastikan para petugas toilet siap 24 jam dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan toilet. Para petugas telah menjalankan tugasnya dengan baik, dan penghargaan The 2nd ASEAN Public Toilet Award ini juga didedikasikan bagi para petugas. Kami juga berterima kasih kepada para traveler yang turut menjaga kebersihan dan kenyamanan toilet,” tutur Dwi Ananda. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close